Friday, March 18, 2016

Things I wish I knew about newborn

Beberapa hari yang lalu saya dihubungi kawan lama. Saya sempat mikir, wah mau mrospek nih. Hehehe...

Ternyata dia baru aja lahiran dan mau tanya-tanya sama saya. Hehehe... Jadi merasa bersalah.

So she asked me several questions about newborn, which, surprisingly enough, were similar with my questions to my cousins. 

Rata-rata banyak kejadian yang bikin new mommy kayak saya bertanya,

"Ini normal enggak sih? Apa cuma bayi saya/saya aja yang kayak gini?"

You know, hal-hal kayak:

1. Nyusuin itu sakit
Yes, itu sakit, pake banget. Dan sakitnya itu enggak cuma seminggu-dua minggu. Mine last for like 3-4 months. 

Pokoknya pas udah asik nyusuin, bayi nya malah udah mulai MPASI, we lhaaa... Jadi dari ASI eksklusif 6 bulan itu, separuhnya saya jalani in pain.

Nyusuin juga penuh lika liku. Kunjungan ke klinik laktasi sampai berkali-kali. Pijet yang sakitnya aduhai. Suplai kurang. Konsumsi booster dari susu, teh, tablet, dkk. Those are common problems.

But breastfeeding is so so worth it. Lebih praktis dan murah dibanding susu formula. Selain dari alesan yang udah pasti kayak kandungan gizi dan bonding. Masalah-masalah di atas itu normal dan bisa banget dilewatin.


2. Baby loves to cry
Dalam sebulan pertama Pipi Bapao lahir. Hidupnya cuma nangis dan tidur, literally. 

Saya ingat, Daddy Bapao sempat ngomong:
"Kok aku enggak pernah lihat dia bangun dan diem ya. Dia selalu nangis atau tidur. Mau dibawa ke dokter po?"

Mainan, lullaby, white noise, bouncer, enggak ada yang ngefek. Cuma bisa digendong.

Lihat senyum bayi itu baru saya rasakan setelah 4 bulanan ke atas. 


3. Doyan bangun malam
Ada yang bilang setelah 40 hari bayi bakal berhenti tidur pagi dan bangun malam. 

Dulu saya menghitung hari sampai hari ke 40. Dan apa yang terjadi? Pipi Bapao MASIH BANGUN MALAM SAMPAI SEKARANG USIANYA 7 BULAN. Hahaha...

Tapi sekarang saya udah enggak senewen kayak dulu. Dia bangun, susuin sambil tidur, beres deh. 

Ada yang bikin sleep schedule atau matiin lampu biar si bayi tahu beda siang-malam. I don't do that, simply cause I myself can't have a routine. 


4. No me time
Yes it is normal to take a bath in a hurry or eat like a crazy person when you just had a baby. 

Apalagi kalau bayinya kayak si Pipi Bapao yang manja abis. Enggak bisa ditinggal. 

Tapi as he grew older, sekitar 4-5 bulan, dia mulai tertarik tuh sama mainan (in my case, Pipi Bapao addicted sama kain -_-") kayak teether, atau mainan yang bunyi krincing-krincing gitu.

Dia mulai bisa ditinggal sebentar buat mandi atau bersih-bersih rumah. 

Sampai sekarang saya kadang masih kewalahan sih. Tapi ini jauh lebih mending dari 2 bulan pertama setelah dia lahir. 

--

Disclaimer: ini pengalaman pribadi saya dan hasil sharing saya sama beberapa teman dan sepupu. 

Pastinya di luar sana ada ibu yang nyusuin langsung gampang, ASI nya banjir, bayinya enggak rewel, bayinya bisa langsung tidur malem (Termasuk combo Onty Sipa sama baby R).

Yang jelas, apapun masalah newborn, just be strong, be persistent, and keep on smiling. As time goes by, I adapt, my baby also adapts.

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...