Monday, April 11, 2016

Review barang-barang MPASI, yang kepakai dan enggak kepakai.

I'm Lagi suka nulis review nih... Hehehe...
Ini lanjutan post sebelumnya soal peralatan MPASI. Ada yang berguna, ada yang udah enggak kepakai, ada yang masih dibungkus.

Layaknya emak-emak yang doyan shopping dan sayang anak, saya belanja banyak buat MPASI. Total ada kali Rp 3 juta lebih. Huhuhu... mahalnya peralatan bayi.

Sebenarnya saya udah berusaha ngirit. Enggak beli slow cooker atau alat-alat dapur yang beda (saya pakai panci, talenan, dan pisau yang udah ada).

Tapi di shopping trip ketiga, saya lost focus terus beli beberapa barang yang enggak kepakai. 

Sebulan kemudian, Sipa minta ditemenin belanja dan ngabisin Rp 1 juta ajah, karena saya share pengalaman saya.

Disclaimer: tiap bayi pasti beda. I just share my personal experience. Mungkin ada ibu-ibu yang justru memakai peralatan yang saya enggak pernah saya pakai.

Dimulai dari yang enggak kepakai:

- Grinder
Saya pakai merk Munchkin and it just doesn't work for me. Pertama karena ternyata teksturnya enggak bisa sehalus kalau pakai food maker. Kedua, saya enggak cocok sama cara pakainya. Jadi makanan yang mau di-grind dimasukin dari bawah terus didorong ke atas. Otomatis pas bagian bawah grinder ditarik, ada makanan yang jatuh ke bawah, which is disturbing for me.

Cuma dipakai sekali terus pensiun. 

Buat saya, fungsi grinder ini sama kayak food maker. Food maker justru bisa di-setting kehalusannya (tergantung mau seberapa halus nyaringnya).

- Food maker
Hehehe... Emang sih food maker kepakai pas awal. Tapi seperti saya bahas di sini, Pipi Bapao itu tipe yang enggak bisa diam dan enggak bisa ditinggal. Meanwhile food maker itu takes time, yang ada malah semua senewen. 

Ditumbuk, terus disaring deh.

Setelah 2 minggu, akhirnya food maker ini pensiun dan digantikan oleh Beaba baby cook.

- Fresh feeder
Ini juga merk-nya Munchkin. Fresh feeder ini termasuk barang yang saya ragu beli, barengan sama botol sendok. Akhirnya botol sendok enggak saya beli, fresh feeder-nya saya beli, dan masih belum dibuka. 

Alasan saya enggak pakai barang ini, karena enggak ada urge buat pakai. Maksudnya gini, saya langsung buka bungkus sendok heat sensor spoon karena saya butuh sendok itu buat nyuapin Pipi Bapao.

Nah si fresh feeder ini, belum muncul butuhnya. 

Alasan kedua karena saya nonton review-nya Britneyandbaby di Youtube yang ini. Disitu Britney bilang fresh feeder punya dia susah dibersihin dan bau bekas makanannya susah hilang. Although hers is probably different brand than mine, these 2 reasons are enough for me not to open the feeder.

Masih rapi bungkusnya

I'll probably just give it to Sipa. I think baby R will love that product.

- Mangkok 
Saya beli mangkok Tommee Tippee Explora dan ternyata enggak begitu kepakai. 

Waktu saya masih bikin makanan pakai Food Maker, ternyata food makernya itu bisa dijadiin mangkok juga. Hhzzzz... Kok ya enggak kepikir loh waktu beli? 

Memindahkan hasil makanan dari food maker ke mangkok Explora itu malah nambahin cucian piring. Hehehe... 

Alasan lain saya jarang pakai mangkok ini lagi karena akhirnya saya beralih ke metode baby led weaning (BLW), jadi makanannya digelar aja gitu di atas tray.

Mungkin nanti ada waktunya saya pakai mangkok ini lagi. Tapi selama masih MPASI   BLW, ya sampai 5-6 bulan ke depan, mangkoknya nganggur dulu.

- Kotak makan
Ini impulsive purchase banget, mehong lagi, sekitar Rp 500 ribu. Huhuhu...

Ceritanya buat dibawa pas jalan-jalan, jadi enggak makan makanan instan.

Lagi-lagi enggak kepakai karena saya akhirnya BLW. Jadi pas pergi, ya saya pesenin Pipi Bapao salad atau buah atau saya kasi lalapan saya. Hahaha... He loves cucumber and tomatoes.

Btw, saya somewhat ngerasa dijebak mbak-nya yang jual. Soalnya pas saya nanya ada enggak yang harganya lebih murah, langsung ditawarin yang harga Rp 100 ribuan, TAPI yang 100 ribuan itu cuma tahan 1-2 jam, yang 500 ribu tahan sampe 10-12 jam, saya lupa. 

Kalau diomongin kayak gitu, pasti milih yang mahal kan? Mbaknya jiwa sales banget deh.

Now I wonder if this can be replaced by a regular lunch box. 

--
Sekarang list barang yang kepakai. Disini sebenarnya ada yang enggak sering-sering banget kepakai, but they're like back up. It's good to have 'em around in case I'm need them.

- Heat sensor spoon
Saya beli merk Tommee Tippee biar match sama si Explora bowl-nya. Walaupun pake metode BLW, kadang sendok tetep dibutuhkan. Contohnya, kalau mau ngasi makan telor setengah mateng. 

Yang kiri yang heat sensor. Kanan itu sendok satu set sama mangkuk Explora

- Beaba baby cook
Setelah meltdown gara-gara food maker, saya patungan beli Beaba baby cook ini.

So far so good. Saya sering pakai buat ngukus dan apartemen saya enggak lagi kepanggang. Ihiyyy...

Daddy milih merah, saya kok suka yang abu-abu ya.

Karena sekarang baby Zedd BLW-an, fungsi blendernya jarang kepakai. Tapi saya kadang tetap bikin puree pakai blender ini, karena kadang Yang Uti bete lihat Zedd dilepeh-lepeh. Terus disuapin deh sama Eyang. 

- Baby cubes
Temannya Beaba nih. Saya suka bikin puree terus disimpan di freezer buat diangetin di Beaba. Porsinya sedikit kegedean buat Zedd but he'll eat more so it doesn't matter.

Buat ngangetin, saya biasanya masukin cube-nya ke Beaba. 

Selain baby cube yang saya beli, sebenarnya any BPA plastic container will do the same job sih. Yang Uti waktu itu nemu di carrefour yang lebih gede dan lebih murah. 

Kiri: baby cube
Kanan: Ez lock bpa free

- Rice cooker
Saya dodol banget karena enggak tahu bahwa rice cooker itu bisa sekalian dipakai ngukus.

At some point, saya sempat kecewa beli Beaba. Tapi setelah saya pikir lagi, Beaba tetap dibutuhkan kalau tiba-tiba harus bikin makanan dan rice cookernya udah posisi 'warming.' 

- Cups
Saya beli beberapa gelas. Ada yang buat 4+ bulan, ada yang sedotan pakai pemberat, sama Doidy cup. 

Semuanya kepakai. Saya sempat ragu kalau Pipi Bapao bingung sih, but I figured I tried these method. Eh ternyata hampir semua jenis dia bisa loh. 

Kecuali Doidy cup. Pas spoon feeding, Pipi Bapao bisa tuh nelen air pake Doidy. Begitu BLW, jadi berubah. 

Pas BLW, dia enggak selalu bisa nelen dan ternyata bayi juga enggak langsung bisa ngelepeh. What happened was, he spit his food out in the Doidy with the help of the water. Eladalah...

Doidy cup dan Tommee Tippee cup

Sekarang dia 7 bulan dan udah bisa pakai sedotan. Masalahnya, straw cup gitu gede-gede banget yak ukurannya. Susah masuk tas. Akhirnya straw cup taro rumah, Tommee Tippee cup nya buat dibawa kalau pergi. 

Gelas sedotan yang ada pemberatnya, biar enggak keselek

- Silicone bib
Pengennya sih beli yang Baby Bjorn atau Make My Day bib. Tapi dasarnya saya doyan ke ITC, mbaknya malah bengong  waktu saya nanya Baby Bjorn. 

Akhirnya saya beli 2 silicone bib yang harganya satu Rp 35 ribu. Not bad right? 

Agak susah ngunci-nya, apalagi kalau Pipi Bapao terlanjur rewel

- Coverall/celemek baju
BLW is super super messy. Idealnya habis makan itu mandi. Tapi karena ribet, kadang saya lap-lap aja. Terus saya ketemu barang ini di ITC. 



Sebenarnya ini bukan yang saya mau. Yang saya incer itu ini:

Gambar dari sini.

tapi susah nyarinya. Namanya aja enggak banyak yang tahu. Ada satu jenis lagi di IKEA yang sebenernya buat jas hujan kalau enggak salah, tapi kemaren saya kesana, barangnya enggak ada. Halah.

Gambar dari sini.

Bedanya di material lengannya, yang saya beli itu di bagian lengannya handuk. Wah pas makan buah naga atau telor, jadi disaster. Biji buah naga nempel di situ, terus bau amis telor enggak ilang-ilang.

- baby booster seat
Ini sih jelas ya. Saya enggak begitu suka sama cara tradisional nyuapin anak, yang anaknya digendong/di bawa jalan-jalan. Mau ikut gaya bule ajah, pake baby chair. 

Sampai sekarang sih Zedd masih mau diem. Tapi ada teman yang cerita sekarang anaknya enggak mau lagi makan sambil duduk pas umurnya udah mau setahun. So, we'll see.

Ingenuity baby base 2-in-1 booster seat. Raimu nak... Priceless...

--
So far, those are my personal opinion soal peralatan MPASI yang kepakai dan enggak kepakai. I have to say it again that every mommies are different. I use what I use now especially because I'm using BLW method, among other things. 

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...