Wednesday, March 9, 2016

MPASI tanpa blender/steamer, bisa?

Waktu saya belanja peralatan MPASI buat baby Zedd, saya sempat lihat baby food processor. Itu loh yang steamer campur blender jadi 1. Bisa juga buat defrost sama ngangetin makanan. Pokoknya praktis deh.

Saya skeptis waktu itu. Saya pikir ini pemborosan banget. Wong ada dandang sama ulekan, ngapain lagi beli ini?

Apalagi saya tanya Yang Uti, dulu jaman beliau enggak ada alat itu, bisa-bisa aja tuh ngasi saya dan Sipa MPASI. She didn't even have blender back then. All manual.

Toh saya stay at home mom. Kalau yang working mom, mungkin butuh alat ini karena mereka kan waktunya enggak sebebas yang ibu RT. 

And it turned out I was so very very wrong...

Belum geneb MPASI dua minggu, akhirnya saya nyerah MPASI manual dan beli Beaba baby cook. Karena akhirnya saya sadar ada banyak alasan pakai baby food processor even when you're a stay at home mom.

Here are mine:
1. Bayi Rewel
Entah kenapa sejak mulai MPASI. Baby Zedd mulai bau tangan lagi. Jadi dia enggak bisa ditinggal. Meanwhile, bikin MPASI manual itu makan waktu. 

Jadi saya bikin makanan, Zedd nangis ngamuk-ngamuk, makanan jadi, dia keburu bete, enggak mau makan deh.

2. Apartemen sempit
What I forgot to calculate was the difference between Yang Uti's house and my house.

Yang Uti dan Yang Kung selalu tinggal di landed house yang proper. Beda sama saya yang tinggal di apartemen super sempit, dimana dapur jadi satu sama living room dan enggak ada bukaan/jendela. 

Jadi waktu saya nyalain kompor, I basically baked my whole apartment. Widih, sauna kalah deh. 

3. Pembantu
Yup, my mom might not have a blender back then but she had two 'nannies.' 

Saya lahir di Majalengka, kota kecil yang kekeluargaan nya masih erat. Waktu saya bayi, ada tetangga, Mak Icih dan Mak Acah yang datang pagi dan sore, buat bantuin mama ngurus saya dan rumah. Bayarannya reasonable karena emang mereka niatnya bantuin Yang Uti yang udah yatim piatu waktu itu.

Ya iyalah Yang Uti bisa telaten bikin MPASI modal kompor sama sendok doank. Ada yang bantuin pagi-sore.

--

I then had a meltdown. Saya kepanasan bikin makanan sambil denger Zedd nangis itu lelah banget, mentally and physically. 

Habis itu lihat dia cranky dan buang-buang makanan, saya tambah stres karena enggak ada MPASI yang masuk ke perutnya. 

Saya akhirnya telp daddy bapao trus nangis-nangis. Daddy dengan tenangnya ngayem-ayemi saya dan bilang buat beli baby food processor aja.

Setelah saya berusaha ngirit dengan beli manual food maker seharga 200ribuan, I ended up buying 2.5 million baby food processor. Hadeh, mau hemat malah boros. 

Yah yang penting saya enggak stres. Insya Allah kalau makanan lancar, Zedd tambah gemuk. Everybody's happy. Amin!!!!!

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...