Tuesday, April 26, 2016

Sleep training day 3, and the journey continues...

As usual, mandi jam 6 dilanjut makan sampai sekitar jam 7 malem. Saya susuin, eh lha kok, enggak tidur-tidur to? Malah melek seger gitu. 

Tapi sleep training harus tetap jalan, karena kuncinya itu konsistensi.

Jam 9 kasi pisang. Abis dong 1 biji
9.30 - 9.45 susuin 
9.45 taruh box karena udah liyer-liyer
9.45-10 nangis

Yup 15 minutes on day 3. Alhamdulilah. Selama 3 hari akhirnya dia cuma bangun maksimal 2x. Yang bangun ketiga pas sekitar jam subuhan, bisa saya hitung sebagai bangun beneran lah. Toh saya sholat subuh juga. 

Diantara tidurnya dia yang lumayan panjang, Zedd kadang ngelilir tapi cuma 10 detikan trus dia tidur lagi. 

Besoknya, Zedd ceria lagi, tetap makan banyak, murah senyum, dan tetep aktif. Saya jadi lega.

Update: setelah seminggu, ternyata enggak seindah yang saya bayangkan. Justru kayak bell curve, dimana hari-hari berikutnya Zedd mulai nangis lama lagi. Belakangan saya baru ngeh ini namanya exTapi tetep enggak selama malam pertama yang 2.5 jam. Jujur aja ini susah...susah banget buat denger dia nangis tiap malem. 

Apalagi dia udah bisa merambat crib-nya dan berdiri sambil pegangan. 

Pelajaran yang saya ambil dari proses CIO ini adalah
- start early. Dari 6 bulan udah bisa menurut sumber-sumber saya di post sebelumnya. Zedd susah banget tidur karena dia berdiri terus. Enggak capek-capek. Padahal kalau posisi tiduran/tengkurep, bisa lebih cepet tidurnya.

- Be consistent and stiff. Jangan separo-separo, karena akan lebih susah dan lebih nyakitin buat si bayi dan si ibu. Sebelum ini saya pernah nyoba CIO, setelah 15 menit saya enggak tega. Coba kedua kali, saya tahan sampai 1 jam dan gagal lagi karena enggak tega. Ketiga baru berhasil setelah 2.5 jam.

Mungkin, mungkin kalau saya lebih tegas dari awal, mungkin Zedd enggak perlu selama itu.


No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...