Monday, April 11, 2016

The daycare drama

Saya ngurus Pipi Bapao sendirian, dengan bantuan parsial dari Yang Uti dan Daddy Paopao.

Kenapa parsial? Karena Yang Uti ngurusin baby R, anaknya Sipa. Soalnya si Sipa itu working mom. Kalau Daddy Paopao, ya bantu pas pulang kerja. 

Sampai satu hari, saya ada urusan yang enggak mungkin bawa bayi. Saya langsung cari day care harian buat bayi. 

Ketemulah yang sebelahan sama kantor Daddy. Literally gedungnya jejeran. Harganya Rp 400 ribu sehari. Huhuhu... *nangis di pojokan*

Emang sih ada daycare  di apartemen, tapi mingguan. Lhaaa...

Yasudalah, saya udah pasrah bayar yang mahal itu. Alasannya ya karena deket kantor Daddy-nya. Jadi in case of emergency or just to check in, gampang kesananya.

Sampai Yang Uti datang bawa kabar, katanya beliau abis belanja di supermarket bawah trus dikasi tahu ada daycare harian di dalam apartemen. Say whaaaaaattt...

Saya kontak orangnya dan Mbak-nya ini kooperatif banget. Daycare-nya baru beberapa bulan dan... Eemmm apa ya namanya, home day care? Jadi si Mbak ini punya 2 anak dan dia pikir sekalian ngajarin anak-anaknya, sekalian aja dia bantu tetangga. 

Saya lihat foto-fotonya, which was basically my apartment tapi disulap jadi daycare. Harganya juga bersahabat buat harian, Rp 100ribuan ajah.

Selain pertimbangan harga, daycare ini juga deket sama Yang Uti. Antara Daddy yang kerja dan Yang Uti yang ngurus baby R, saya prefer Yang Uti. Ya kali Daddy meeting terus enggak bisa nengok Zedd.

Besok pagi-nya saya ke daycare itu. Mbak pengasuhnya ada 2, sama si Mbak yang punya, jadi ada 3. Ada 2 bayi including baby Zedd dan 4 anak. 

Saya akuin, saya memang enggak riset soal background si Mbak atau 2 pengasuhnya.

Saya ngerasa tenang aja. Mungkin saya ibu yang tega, tapi I felt he would be okay. Cuma sehari ini dan ada Yang Uti, Onty, Yang Kung, and last but not least, Daddy Paopao just in case of emergency.

Saya tinggal Zedd terus saya pergi buat urusan saya itu.

Jam 9-10an, saya ada waktu luang, hand phone saya penuh notifikasi WA dari Sipa dan Yang Uti. Intinya mereka nengok ke sana dan Pipi Bapao nangis histeris di daycare. 

Biasa kan? Emang biasa anak nangis di daycare, apalagi kalau pertama kali pisah sama emaknya. Saya juga lihat gimana baby R ngamuk waktu Sipa pertama kali kerja.

Dramanya: Yang Uti nangis dong liat Pipi Bapao di sana, dan Yang Kung marah, beneran marah sama saya. Padahal alasan saya nitip ke daycare, karena enggak mau ngerepotin Eyang-eyangnya. Lha kan Yang Uti juga yang ngasi tahu soal daycare itu.

I know every parents have their own consideration, kayak Sipa yang milih untuk minta bantuan Yang Uti dan Yang Kung buat jaga baby R, saya dan Daddy Paopao milih untuk enggak ngerepotin atau nambah beban mereka dengan 1 bayi lagi. 

Dan ternyata efeknya berbalik ke saya. Setelah teror dan drama lain, akhirnya saya mengijinkan Pipi Bapao dijemput Eyangnya setelah setengah hari. Yang Kung dan Yang Uti ngurusin 2 bayi hari itu, hal yang sebenarnya sangat saya hindari mengingat mereka berdua sudah tua :(

Urusan saya took longer than I thought, saya nyampe apartemen jam 5. Pipi Bapao aman-aman aja. Langsung nenen karena seharian dia enggak mau nyusu botol. 

Perasaan saya campur-campur. Dulu Pipi Bapao itu pemberani. Dia emang takut kalau sendirian, tapi dulu enggak takut sama orang asing. Itu juga alasan saya pede ninggal dia di daycare. 

Saya juga bete bete sedih karena Eyang-eyang enggak support saya, malah marahin. Emang bener Eyang lebih sayang cucu daripada anaknya.

Bayi keren ini ternyata anak emak banget... Foto enggak nyambung sama cerita, he just looks awesome in this pic.




No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...