Monday, August 1, 2016

Bete sama dokter, susah cari dokter, mommy-shaming


Saya bingung mau ngasi apa di blogpost ini. Beneran campuran and I was upset and sad and angry.

Dimulai dari Zedd yang rewel di malam hari. Senin malem tepatnya. Ternyata dia ruam PARAH. Seumur-umur dia hidup 11 bulan. Ini ruam yang paling parah. Dia sampai nangis enggak mau nyusu. Which was so not him. 

Untungnya Uti and Yang Kung datang dari Semarang Selasa pagi. Saya dengan terpaksa minta tolong Uti buat jagain Zedd. Alhamdulilah Uti mau, walaupun baru aja datang.

Selasa sore saya ditelpon Uti, katanya ruam Zedd tambah parah dan poopnya ada darahnya. 

Paniklah saya. Pulang kantor, langsung ke RS dan Uti+Zedd+Yang Kung udah di sana.

Mata cekung, tanda dehidrasi ringan.


Setelah nunggu 2 jam, saya ketemu dokter yang menurut saya enggak ngasi jawaban. Tapi jawaban yang vague (apa ya bahasa Indonesia nya? Ehhmm nyaru). Kayak gini:

Dokter: ini poop nya berdarah karena ada infeksi di pencernaan.
Saya: karena apa?
Dokter: bisa macem-macem
Saya: tapi karena apa dok? Biar saya bisa hati-hati ke depannya, sama bisa ngasi tahu daycare misalnya anak saya ternyata sensitif sama sesuatu. 
Dokter: ya bisa macem-macem, bakteri kan dimana-mana. Dokter kan bukan komputer yang ketik langsung tahu jawabannya.

Gemes banget saya. Dan si Dokter ini enggak berhenti sampai situ. Dia sempat 'nyalahin' daycare sekaligus mommy-shaming saya dengan ngomong:

"Kalau orang daycare ngasi makan enggak cuci tangan kan juga ibu enggak tahu. Itu udah resiko. Kalau mau (bener/ideal/pasti bersih), ya anaknya dirawat sendiri."

Padahal si Dokter itu cewek loh!!! 

Sampe bingung saya komennya. Ini kedua kali saya ketemu dokter yang enggak pro working-mom. 

Sebelumnya, waktu Zedd sakit di hari pertama saya kerja. Ini dokter lain dan rumah sakit beda. Si dokter cowok ini lagi-lagi ngritik keputusan saya balik kerja. Sambil nyombongin anaknya lagi.

Saya agak lupa kata-kata pastinya, intinya:
"Yah, anak emang bagusnya dirawat sendiri sama ibunya. Lagian daycare di sini kan yaaa... Gitu. Kalo cucu saya, di daycare tapi di Perancis, jadi kualitasnya bagus."

Halah... Bilang aja mau pamer anaknya tinggal di luar negri. 

Balik ke Zedd yang poop berdarah. Ternyata pas nebus resep, dikasi pengantar ke lab kalau poopnya masih berdarah. Kata Daddy, di suratnya ditulis DIARE AKUT!!! Yaelah, ngomong aja sih kalau diare. Beribet banget pake infeksi bla bla bla...

Akirnya Zedd dikasih obat+antibiotik+salep. Setelah tahu kalau Zedd diare, saya googling dan nemu 2 sumber, idai (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dan pdf dari Kemenkes. Pdf Kemenkes itu data semua, liat halaman belakangnya buat pencegahan.

Abis baca-baca, saya memutuskan enggak ngasi antibiotik. Cuma salep sama probiotik. Alesan saya enggak baca dari awal, karena saya kira Zedd sembelit. Ternyata diare. 

Hari kedua, saya ijin kerja trus full ngasi ASI+pakai popok kain. Hari ketiga, ruamnya mendingan. Udah bisa pakai pospak lagi. Walaupun nyebelin, obat dokter itu manjur sih. Tapi saya enggak mau balik lagi. Terlanjur sakit ati. Enggak tega juga sama Zedd karena dokter itu kemaren telat 1 jam. 

Mau cari dokter lain aja.

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...