Sunday, March 5, 2017

Ribetnya Bikin Kitchen Set Impian

Sejujurnya saya bukan orang yang hobi banget masak. Tapi entah kapan saya jadi mimpiin punya dapur kecil nan indah. Hhhmmm.... kayaknya sejak pergi ke Ikea deh. Hahahaha... 

Aniwei, setelah kami punya apartemen, rasanya gemes pengen dekor sana sini. Tujuannya ya biar apartemen mungil ini lebih livable.

Tujuan lain itu Zedd!

Sekarang dia udah toddler yang ngglitis. Apa-apa dipegang. Apa-apa dipanjat. Apa-apa dilempar. Dia udah pernah ngangkat ceret yang ada airnya, dibawa ke depan tv, trus ditumpahin. Dia juga pernah ngangkat panci presto terus dibanting. 

Kami punya meja bar tempat naruh macem-macem (gantinya kitchen cabinet), yang selalu jadi incaran Zedd. Akibatnya? Living room+kitchen kami jadi enggak pernah bersih.


Ini penampakan meja bar yang khusus saya beresin for the sake of this blog. Aslinya mah selalu berantakan karena Zedd.

Penampakan dari sisi satunya. Aniwei, we plan to sell this meja bar karena selalu dipake main Zedd dan kegedean. If anyone interested... hehehe...


Not only that, dia juga mulai deket-deket kompor!! Waduh!! Udah cukup banyak kejadian yang bikin kami ngerasa: WE NEED KITCHEN SET! 

Penampakan dapur mini kami. Itu mulai dari gas, ceret, panci, sampai ember mandi pernah ditarik sama Zedd trus ditinggal gitu aja di sembarang tempat.


Kalau dulu kitchen set itu barang mewah buat kami, sekarang udah jadi kebutuhan primer, thanks to Zedd. Hahahahaha...

Kamu pun bener-bener mikirin soal kitchen set, like any other part of our teeny tiny apartment. Karena salah desain bakal ngerusak the whole place, saking kecilnya.

Kami juga enggak mau yang asal jadi. Iya sih butuhnya cepet. Iya sih budget kami mepet. Tapi memutuskan beli sesuatu yang asal-asalan dan asal murah, biasanya buntutnya enggak enak. Bisa rusak trus kami harus beli baru lagi. It happened a couple of times with us. Akhirnya malah boros. Jadi kitchen set ini bener-bener dipikirin.

Saya cari dulu maunya kayak apa. Ini sempet gelut sama Popo, karena dia mau agak gede, saya maunya kecil. Ini masalah kami dari dulu. Semua hal yang masuk apartemen kami harus kecil, lebih kecil dari standar furniture seharusnya. Popo pasti pengen yang standar cause he believes standardization is created for a reason. 

Saya pengennya kecil karena saya sering liat unit-unit lain (pas Eyang datang nginep) yang template dan saya enggak mau end up kayak gitu. Jadi emang ukuran yang saya mau itu dibawah standar.

Ini dapur impian saya, dari Pinterest. Finishing duco, white marble for table top, dan subway tile buat backsplash. 
Foto dari Pinterest.


Next question, mau bikin kemana?

  • Vendor Kitchen Set di Bawah Apartemen
Ada vendor interior desain di bawah alias di ruko-ruko apartemen, yang bisa bikin kitchen set. Tapi saya enggak sreg, karena kesannya template. Harga memang murah, sekitar Rp 10-12 jutaan buat kitchen set kecil di apartemen. But I have to pass. Karena jadinya sempit, lha mereka kesannya asal jadi. No desain whatsoever.

  • The Ikea Dream
Ikea sempat jadi pilihan. Apalagi toko asal Swedia ini baru ngubah policy delivery and pemasangannya jadi lebih murah. Kebetulan Sipa pasang dapur ikea tapi pas yang mahal. Eh, enggak lama habis itu, berubah jadi lebih murah biaya pemasangannya. 

Even so, I also have to pass on this one for several reasons

1. Kegedean bok! Yup, even ikea yang bikin furniture khusus small spaces pun enggak punya ukuran yang saya mau. Hahahahahaha... *ketawa sambil nangis di pojokan*

Ukuran kabinet dasar ikea itu lebar 60 cm. Lebar dapur apartemen saya cuma 50 cm. Jadi enggak cukup. Menurut mas ikea, bisa aja kabinet atas ikea yang lebar 40 cm, dipakai buat kabinet bawah, but he mentioned that it's still somewhat weird karena ya emang bukan buat kabinet bawah kan?

2. Masalah table top. Table top ikea mahal beud kalau yang marble/granit. Mereka nyebutnya apaaa gitu. Saya lupa. Yang jelas pilihannya itu yang harganya puluhan juta atau table top yang murah banget dan enggak begitu tahan air.

3. Masalah backsplash. Backsplash itu keramik yang ada di antara kabinet atas dan bawah. Kenapa jadi masalah? Karena ya ikea enggak nyediain, setahu saya yah. CMIIW. Adek saya pun akhirnya masang dapur ikea dulu, trus cari keramik, trus pakai jasa tukang keramik. 

Intinya ikea, walaupun kabinetnya terhitung murah, bisa bawa sendiri, kualitas oke, garansi 20 tahun lebih, tapi ada 'rempongnya.' Ini saya lihat dari Sipa yang pasang dapur ikea. 

Meanwhile, kalau pakai jasa kitchen set, udah semua tuh. Backsplash, lampu, table top granit, dll, udah sekali jadi dengan ngontak 1 orang. 

  • Jasa Kitchen Set
Akhirnya kami mulai lihat-lihat jasa kitchen set yang kayaknya oke. Soalnya kitchen set kan buat dipakai tahunan, kalau bikin murah trus malah cepet rusak, jadi kerja 2x kan.

Setelah tanya-tanya dan browsing-browsing. Ini kesimpulan yang kami dapat.

1. Kitchenology
Kami ngelirik ini karena dari namanya aja udah kitchen, berarti fokusnya ke kitchen dong. 

Vendor ini responsif dan lokasinya deket apartemen. Tapi harganya buat finishing duco bikin kami mundur teratur, sekitar 4 jutaan per meter. Tapi harganya udah include delivery, pasang, and lampu. Jadi udah enggak keluar apa-apa lagi.

2. Jendela Putih

Reviewnya yang bertebaran di forum dan internet bikin mupeng. Kepoin IG nya pun kelihatan kalau ini profesional. Harganya sebenernya lebih murah dari kitchenology buat finishing duco (kami memang pengen yang duco, bukan HPL). 

Yang bikin kami mundur itu, prosesnya pasangnya yang mencapai seminggu. Duh, mungkin paksu ceritanya enggak jelas yah. Apa itu buat pasang kitchen set yang gede? Secara kitchen set kami kan mini banget. Tapi ngeliat begitu populernya ini vendor dan proses masang yang lama, kami terpaksa mundur, karena enggak cukup sabar nunggu beberapa bulan.

3. Ichigo Idea
Ini juga enggak kalah populer dari Jendela Putih. 

Harganya buat finishing duco sekitar 2.8 juta per meter. Ada biaya kirim tapi masih oke lah menurut saya. Reviewnya juga oke. 

Yang bikin saya mundur adalah karena adminnya kurang responsif. Don't get me wrong yah. Semua wa saya dibales, tapi cukup lama. Ada yang jeda beberapa hari dan itupun harus saya tanya lagi. Tapi ya dibales. Mungkin karena populer banget, jadi adminnya kewalahan. 

4. Calio Design
Responsif dan harga bersahabat banget. Reviewnya juga cukup banyak di internet. Instagram juga aktif. 

Sebelumnya kami pernah bikin wall panel tv juga sama Mbak Dian dan prosesnya cepet, murah, trus udah plus lampu. Masalahnya bukan ke lampunya sih. Tapi lebih ke niatan Calio buat bikin wall panel kami jadi bagus, bahkan tanpa kami minta. 

Lha secara saya and Popo enggak ngeh yah kalo panel itu bisa lebih bagus pakai lampu. Sama pihak Calio, bahasa jawanya: ditata'ke, jadi tambah bagus. Dengan sistemnya Calio yang kayak gitu, harapannya kitchen set kami juga bakal dibikin bagus.

--
Sekarang kami masing mikir-mikir mau pakai vendor yang mana. Semoga kitchen set impian saya bisa terwujud.

8 comments:

  1. Mbak apakah kitchen set nya sudah jadi? Akhirnya pakai jasa siapa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Mbak. Hehehe... iya nih blum sempet update. Tapi foto kitchenset ada di IG ku @nadiasarasati. Akhirnya pake Ichigo.

      Delete
  2. terima kasih mbak, dapurnya jadinya bagus putih clean :D , saya baca postingan2 mbak yg lainnya,, rasa galaunya, rasa syukurnya, nyampe ke kursi saya,, :D

    saya juga working mom yang selalu kepingin ngelonin anak hehe (tiap hari sih padahal ngeloninnya), semoga mbak selalu diberi kekuatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak Zefatsani,
      Thanks for reading my blog. Iyah, dilemma working mom. And sadly, saya nyerah mbak. Udah ngajuin resign dan lagi nunggu last day. Huhuhu...

      Semoga mbak selalu dapet support and be an amazing working mom. :)

      Delete
  3. wah bagus mbak,, semoga bisa selalu happy sama anak2 ya mbak :D pasti Zedd seneng banget bisa selalu sama ibunya :D

    ReplyDelete
  4. pagi mbak. terima kasih sekali info kitchen setnya bermanfaat, kebetulan saya juga di apartemen kalibata mau pasang kitchen set kayak mbak. boleh diinfokan total budget abis berapa kurang lebihnya mbak? saya juga minat pake jasa ichigo tapi masih kepikiran budget soalnya. oiya, kalo boleh tau kenapa gak jadi pake jasa Calio mbak? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Neyla,
      Kalo ichigo nya aja aku agak lupa, maap ya. Sekitar 12-16 juta kalo enggak salah inget.

      Exclude kompor, hood, and sink yang aku beli sendiri. Maklum, agak kontrol freak, jadi bener-bener milih kompor and sink juga yang paling kecil dan ukurannya pas.

      Buat lebih jelasnya ada update soal kitchen set ini di post bulan Mei.

      Delete
  5. Memang cantik kalo pake finishing duco, tapi sebetulnya soal perawatan dan service menurut saya lebih mudah pake HPL.

    Tapi kesan dari finishing duco memang tidak menipu.

    Omong2 harga 2,8 juta lumayan ok sih menurut saya buat finishing duco. Saya sering kerjakan proyek kitchen set finishing duco dan saya jualnya minimal 3,8 juta permeter. hehe

    Kalo mau lihat hasil proyek kithcen set duco saya bisa cek di sini

    Kitchen Set Duco

    Gak semua duco, ada beberapa yang HPL. Tapi kalo warna putih itu pasti DUCO.

    ReplyDelete

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...