Monday, March 27, 2017

Setahun Setelah Jadi Working Mom, Masih Galau

Enggak kerasa udah hampir setahun saya balik lagi ke dunia kerja. Tapi yang namanya rasa bersalah tetep ada. Sampai detik ini, saya masih mempertanyakan apa bener ya keputusan saya balik kerja lagi?

Baru-baru ini Yang Uti datang ke Jakarta buat nengokin Zedd and Hanhan. Trus beliau nyeletuk kalau saya sebaiknya resign, sooner or later, apalagi kalau mau ngasi adek buat Zedd. "Tetep beda lah anak yang diasuh daycare sama diasuh ibunya sendiri," kata Uti.

My parents speak anything without filter, and I don't mind that. Saya enggak sakit hati, tapi jadi mikir sih. Hal ini bertambah parah ketika saya datang ke sebuah event yang 1 pembicaranya adalah entrepreneur mayan sukses. Enggak tahu gimana obrolan itu talkshow, yang saya denger adalah "Dulu saya selalu iri waktu lihat temen-temen saya dijemput orang tuanya. Sementara saya enggak, karena ibu saya kerja."

Waduh, lha 'produk working mom' aja bilang dia iri sama 'produk stay-at-home-mom.' Deg-degan dong saya. Apa nanti Zedd bakal mikir gitu pas udah gede? Jujur saya enggak ngerti, karena saya dan Popo sama-sama produk stay-at-home-mom. Pas kami pulang ke rumah, selalu ada sosok ibu plus makanan rumahan yang lezat buat makan siang. 

Kebetulan banget, kontrak saya akan habis beberapa bulan lagi. Jadi saya tambah galau nih. Should I continue working or stop (again). Deep down, saya dan Popo sebenernya udah pengen ngasi adek buat Zedd. Tapi enggak kebayang ninggalin baby 3 bulan di daycare, secara Zedd aja saya urusin sendiri sampai dia 10 bulan. Bisa bebas ASI eksklusif tanpa mikir mompa. Bisa leluasa masak MPASI homemade. Ah the joy of being SAHM. 

Kalau udah gini, saya diskusi sama Popo. Alhamdulilah banget Allah SWT menjodohkan saya sama suami yang bijaksana. I know I can always count on him when I'm in doubt. Menurut Popo sih, I'm happier when I'm working so he actually supports me to work. Terus kami bedah situasi saya sekarang.

Bener-bener Allah maha baik. Kerjaan saya sekarang lumayan enak buat working mom. Waktu kerja saya cukup fleksibel. Saya bisa berangkat jam 8 ke atas, jadi Zedd bisa saya mandiin, suapin, anter ke day care dengan tenang. Lokasi kantor yang ada pinggiran juga membantu banget. Jadi saya enggak kena macet kalau pulang-pergi karena ngelawan arus orang-orang kerja. Saya berangkat setelah Popo dan pulang sebelum Popo.

Bos dan rekan kerja saya 99 persen cewek. Jadi kalau Zedd sakit, saya enggak kesulitan buat ijin mendadak. Waktu mompa pun, saya bebas mompa di ruangan sambil kerja. Selain itu, kantor sangat amat ramah kalau ada yang bawa anak. Ini aja temen-temen udah nanya kapan bawa Zedd lagi ke kantor.

Saya sadar banyak banget kemudahan yang saya dapat di pekerjaan yang sekarang. Dan menurut Popo, itu yang harus ditingkatkan. He said that if I still wanted to be a working mom and be present for my family, I should be even more selective about the job. 

Let's say 5 tahun lagi saya mau anter jemput Zedd ke sekolah, ya saya harus cari kerjaan yang dikerjain dari rumah, freelance atau kantor yang enggak mengharuskan pegawainya datang ke kantor. Saya kenal beberapa temen seprofesi yang enggak perlu ke kantor kecuali meeting (1x sebulan) atau cuma harus ke kantor minimal 8 kali dalam sebulan. Again, Alhamdulilah saya nyemplung ke industri yang tepat. Keleluasaan kayak gini enggak ada di semua jenis pekerjaan, kayak perbankan misalnya. Kantornya Popo juga termasuk yang ketat.

Sipa sebenernya cukup fleksibel walaupun dia kerja di bagian finance. Mungkin karena kantor Sipa itu multi national companies alias PMA, jadi lebih liberal untuk kerja dari rumah. 

So, Popo suggested that I still do what I love, tapi emang harus cari kerjaan yang support working mom. Saya harus cari perusahaan yang adopt work from home policy (many are foreign companies, sadly) atau fleksibel di jam dan waktu kerja. They are exist kok, I just have to look for them very closely and detail.

As per now, saya cukup happy di kantor saya. Semoga Allah ngasi keajaiban yang membukakan mata para pemilik perusahaan, kalau kerja itu sekarang bisa dari rumah kok. Hahahaha... enggak mungkin kali ya?

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...