Friday, February 19, 2016

Balada Popok: tips dapat popok murah.

Setelah punya anak, saya baru tahu soal popok.

Bahwa ternyata ada beberapa jenis, mulai dari popok kain, popok sekali pakai, dan cloth diaper atau clodi. 

Saya juga baru tahu kalau yang paling simpel dan juga paling mahal itu popok sekali pakai. 

Dari 3 jenis popok itu, saya cuma belum coba pakai clodi. Alesannya karena saya pakai jasa laundry kiloan, dan jijay aja kalau bekas poop baby Zedd diinepin atau dicuci bareng kemeja Daddy bapao. 

Pernah bolak-balik antara popok kain  sama pospak waktu Zedd masih kecil banget. 

Alesannya karena Zedd kena diaper rash. Tapi pas pakai popok kain, walah, mulai dari daster, baju, celana, seprei, bedong, semua kena 'ditandai' sama Zedd. 

Bukan cuma ditandai, itu sih kalau kepepet ya tinggal dilaundry aja. Tapi bayinya itu jadi dikit-dikit bangun. New moms will definitely relate to this. Kalau pake pospak bisa bikin bayi tidur just 30 minutes longer, then it's worth it. 

Emang sih ada cream diaper rash, tapi enggak ngefek ke Zedd. 

Waktu kena diaper rash gitu, pilihannya ada 2:
- coba ganti jenis pospak. Zedd waktu itu cocok pakai M*my Poko yang warna biru tua. Pernah iseng nyoba tipe lain, eh diaper rash nya tambah parah.

- Pakai minyak kelapa atau oleum cocos. Cara ini ngefek ke baby R yang kulitnya lebih sensitif dari Zedd. Yang dibeli Sipa itu dari apotek RS Panti Rapih, setelah diberi resep sama bidan di RS itu. 

- sering-sering ganti popok. Zedd dulu 1 pax yang gede abisnya pas seminggu. I'm impressed sama tim risetnya para perusahaan pospak. Bisa pas seminggu gitu. Padahal dulu dengan bloonnya saya kira satu pax isi 50an itu bisa tahan 2 minggu. Lha malah tambah merah diaper rash-nya karena saya berusaha irit popok. I'm cheap, but not that cheap.


Selain diaper rash, balada popok yang lain itu masalah harga. Dengan harga di atas Rp 100k untuk pemakaian 1 minggu, lumayan kerasa juga. 

Mau maksain pakai pospak yang murah itu susah, karena kadang yang korban itu kulit Zedd. Ya enggak tega kan. Zedd enggak pakai merk P*mpers yang paling mahal sih, tapi harga M*my Pok* juga lumayan dibanding merk lain.

Tips buat problem ini gampang, cari yang murah. Hehehehe... Kidding but I mean it. Caranya:

- jangan beli di supermarket besar karena harganya mahal.

- incer pas promo, beli sekaligus 2-4. Saya enggak berani beli lebih karena takut Zedd keburu gede. Langganan saya S*perindo, pas promo harga popoknya bisa turun sampe Rp 20-30k.

- cari di IG. Ketik aja #pospakmurah atau #(nama merk popok)murah. You'll be surprised on how many online stores can give you much cheaper price. 

- join female daily forum and be active. Ada thread soal sale popok dan peralatan bayi, subscribe to it. 

- sering-sering perhatiin mini market yang biru dan merah itu. Promo mereka lumayan loh. Bisa harga Rp 70k buat pak isi 40-an atau buy 1 get 1 buat yang bungkus kecil.

- diitung harga per popok. Saya itu orangnya bingungan. Kalau saya ke aisle popok di supermarket, saya bisa bengong lama. Lha misal harga Rp 60k isi 38 sama harga Rp 70 isi 44. Ini jadinya murah mana? Akhirnya saya selalu pakai kalkulator dan hitung harga per popok. Cap maximum saya Rp 1.9k per popok. Kalau saya hitung harga per popok nya sampai atau di atas Rp 1.9k, saya batal beli.

-ke ITC kuningan dong, toko bayi langganan. Udah harganya murah, kadang ada toko yang ngadain promo, jadi lebih murah lagi :D
Pernah dapet popok yang isi 40an ituh dengan harga Rp60k ajah. 

- selain ITC, surprisingly ada loh toko-toko yang jual pospak lebih murah. Kayak di apartemen tempat kami tinggal misalnya. Di bawah ada supermarket chain gitu yang jualan pospak, tapi mahal. Lha pas saya iseng jalan-jalan keliling komplek apartemen, ada loh ruko yang jualan pospak dengan selisih harga Rp 10k - 20k buat pak yang gede. Lumayan banget buat dipakai beli buah buat MPASI. 

So those are my personal tips. Mungkin belum seberapa karena saya baru jadi ibu selama 6 bulan. Semoga seiring tambah lama, makin banyak lagi ilmu dan tips yang saya dapet. Kepo juga nih pengen nyoba clodi ;)

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...