Saturday, February 2, 2019

Review Dokter Kandungan + Rumah Sakit

Masih mau bahas soal lahiran Elle di Jakarta. Sebelumnya udah saya bahas kriteria RS and dokter yang kami cari di postingan ini. Ini lanjutan review setelah saya kelar lahiran di sana.


Jadi saya melahirkan Elle di RS MRCCC Siloam Semanggi dibantu dr. Alvin Setiawan SpOG. 


Seperti yang saya tulis sebelumnya, pencarian dokter and RS ini dimulai dari budget kami buat lahiran. Siloam Semanggi ternyata masuk budget karena paket melahirkannya Rp 33 juta buat operasi caesar dengan kamar pribadi alias VIP. Enggak jauh beda sama RSIA populer di daerah Jakarta Timur. 


Secara jarak emang agak jauh dibanding beberapa RS lain. Tapi kalo jaraknya deket, terus parkir susah dan antre dokter+obat+bayarnya lama, sama aja jatuhnya. Apalagi perjalanan apartemen ke Siloam Semanggi di hari Sabtu menjelang magrib itu ternyata sepi banget. Berangkat jam 5 sore, jam 8an udah sampe apartemen. Itu terbukti lebih cepet dari proses saya and Zedd periksa ke beberapa RS lain.

The Doctor
Setelah memutuskan mau di RS ini, saya googling dokter-dokternya. Saya cari dokter yang prakteknya sering atau hampir tiap hari dan enggak antri banyak. Alasannya simpel, misalnya ada sesuatu yang urgent sama kandungan atau kerjaan Popo, saya bisa dengan gampang kontrol karena hampir tiap hari ada. Saya juga males antri karena bakal kontrol dengan bawa Zedd. Kasian kalo kelamaan di rumah sakit.


Pilihan saya jatuh ke dr. Alvin. Pas pertama cek, ternyata saya and Popo cocok. Dokternya masih muda dan enggak buru-buru kalo meriksa. Poin plus buat saya itu, dia enggak nanya saya mau lahiran di mana. Hehehehe... maap kalo receh. Tapi bener deh, selama ini kalo saya cek kandungan di Jakarta selalu ditanyain itu. 


Beberapa review di internet nyebutin dokter ini kurang komunikatif. Buat saya kok biasa aja ya. Emang mau ngobrol apa sih sama dokter kandungan? Lagian dr. Alvin selalu jawab kalo ditanya. Jadi kalo kepo sesuatu ya tinggal tanya aja. 


Tapi memang tipenya beda sama dokter saya di Jogja yang selalu ngomong A-Z tiap kontrol. Misalnya ngomong: banyak minum sampe sekian gelas. Makan buat sekian kilogram, dll.


So it’s really about preference. Buat saya, selama dokter enggak galak, enggak judgmental (saya pernah dinyinyirin karena caesar dan karena jadi working mom), enggak ada kasus malpraktek, ya enggak masalah. And to be honest, agak menghindari juga dokter yang banyak larangan, malah bikin parno. 


Di trimester akhir yang BB janin stagnan, saya lihat pak dokter makin teliti and makin lama tiap USG. He took this pregnancy seriously. I know every obgyn should do that, tapi pernah enggak sih berasa ‘disepelein’ gitu sama dokter? True story dari Sipa sih, pernah dia panik karena 1 hal, trus dokternya kayak “apaan sih buk?” 


My doctor didn’t do that. He checked even more thoroughly as my pregnancy got bigger. Jadi saya juga ngerasa aman.


Lastly, I’m grateful dokter nyaranin kami buat lahirin Elle 2 weeks early. Enggak kebayang gimana Elle masih di dalem 2 minggu lagi sambil berebut nutrisi sama adenomyosis yang ada di rahim. More on that was on this post


Soal operasi, alhamdulilah berjalan lancar. Walopun lama karena harus ngeluarin adenomyosis. Awalnya saya sempet deg-degan karena dioperasi sama dokter lain. Maksudnya, saya lebih prefer dioperasi sama dokter yang dulu ngoperasi saya di Jogja. Karena operasi kan bukan skin care yang bisa coba-coba.


Tapi saya jadi manteb setelah curhat sama tetangga yang dokter menuju spesialis anestesi. Mbak dokter bilang dokter yang belajar spesialis udah terlatih buat field nya, sebelum resmi jadi spesialis. Kayak Si Mbak Tetangga, dia harus udah ngebius sejumlah pasien dengan beragam kasus berbeda selama pendidikan spesialis. “Kalau dokter kandungan, caesar ya udah jadi makanan sehari-hari, Mbak. Tenang aja,” kata Mbak Dokter. 


Sekarang udah sekitar 1.5 bulan paska operasi dan alhamdulilah enggak ada keluhan apa-apa. 


Minusnya pak dokter mungkin ada di pencatatan. Sepanjang kontrol, saya enggak pernah dikasi buku hamil atau ngisi buku hamil saya. Ada catetannya di pihak RS sih. Tapi saya pegangnya hasil USG. 


The Hospital
Lanjut ke RS-nya. Sebenernya ekspektasi saya enggak muluk-muluk soal rumah sakit. Mungkin karena pengalaman lahiran sebelumnya di Jogja, saya ngerasa RS nya B aja.


FYI, waktu lahiran Zedd dulu, RS nya rooming in. Jadi ganti popok and nyusuin semua kami lakukan sendiri. Suster memang datang kalo dipanggil, tapi ya enggak bisa sering-sering juga.


Karena Siloam juga rooming in, saya and Popo udah siap-siap menghadapi those early newborn nights. Apalagi Siloam Semanggi kan bukan RSIA.


Ternyata service-nya diluar ekspektasi saya. Bidan and suster yang jaga sigap banget. Tiap sesi nyusuin mereka selalu ada, trus mereka juga yang ganti popok. Dua hal itu, nyusuin + poop, juga dicatet lho. Asumsi saya sih, itu buat mantau apa Elle dapet cukup ASI atau enggak. Wah, ini beda banget sama pengalaman lairan sebelumnya, walopun sama-sama rooming in. 


Saking sigapnya, Popo bisa tidur nyenyak di RS. Lha yang nyusuin saya, dibantu suster/bidan. Yang ganti popok suster/bidan. Tugas Popo cuma nyuapin saya. Suster/bidan juga nawarin buat bantu tiap ke kamar mandi. Tapi saya lebih nyaman sama Popo. 

Ini sih, enggak perlu ada Popo juga bisa kali. Hahahaha...

Poin plus lagi, ternyata RS ini punya pompa ASI dong. Di malam terakhir, saya engorge, tapi Elle udah kenyang. Trus suster nawarin pompa plus nyimpenin ASIP-nya. 

Selain dokter kandungan and dokter anak, tiap hari ada dokter umum (resident kali ya?) yang cek kondisi saya. Jadi tiap ada keluhan, dokter bisa langsung kasi obat. 

Sebelum check-out, saya dikasi penyuluhan soal ASI, KB, dll. Kayak di posyandu gitu deh. Buat saya sih enggak ngefek banget, karena udah anak kedua + kantor saya dulu kan majalah ibu anak. Tapi buat new mom, ngebantu lah.

Minusnya masalah makanan. Saya enggak suka makanan rumah sakit, terutama nasinya yang agak keras. Hehehehe wajar kali ya kalo enggak suka makanan rumah sakit? 

The Expense
Overall, lahiran di Jakarta turned out great and exceeded our expectations. Termasuk soal biaya. Hwehehehehe... total biaya lahiran melebihi budget karena ada adenomyosis itu (biaya dokter, anestesi, dll). Biaya yang saya keluarin kira-kira:

  • paket persalinan = 33 juta
  • angkat adenomyosis = 7 juta (awalnya 14 tapi dapet diskon dari dokter kalo menurut bill)
  • biaya rawat Elle = 4 juta
  • tambahan obat + lab = lupa
Totalnya sekitar 50-55juta. 

Walopun bedanya lumayan jauh dari perkiraan dan cukup nguras tabungan, kami enggak begitu peduli. Bukan karena punya pohon duit lho. 

Dulu Eyang Uti juga ada mium and kista di rahimnya dan keguguran sampai 2x. Dua adek saya ‘kalah’ sama penyakit tersebut. Jadi waktu tahu Elle rebutan makanan sama si adenomyosis, I just felt relieved that she made it out alive. Soal uang, bisa dicari lagi pelan-pelan.

So that’s a wrap on delivery story. After around 1,5 months Elle and I are fine and healthy. Elle makin gemuk sampe lehernya enggak keliatan. Alhamdulilah.






No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...