Saturday, July 15, 2017

Cerita Menyapih 2, What Happened to My Body

Selama ini kalau cerita soal menyapih, biasanya fokus ke si anak yah. Termasuk cerita menyapih saya sebelum ini.

Tapi, makin kesini, makin berasa efek berhenti nyusuin ke diri saya sendiri, both mentally and physically.

Ngomongin yang mental atau psikis dulu ya. Ngerasa sedih itu pasti. Dulu santai aja kalau pergi karena tinggal buka baju (duh konotasinya negatif amat yak). Enggak perlu bawa susu, beli susu, botol dan perintilannya.

Di Bandara Ahmad Yani, Semarang.


Sekarang, saya selalu bawa botol 1 dan susu UHT yang 250 ml. Masih berysukur sih karena Zedd enggak masalah minum susu suhu ruangan. Jadi enggak perlu termos atau pemanas.

Masih ke perubahan mental, saya mulai unfollow toko-toko baju menyusui di IG. Lha, buat apa? Malah bikin inget... (belum move on ceritanya). Satu persatu yang muncul di feed saya, saya unfollow dengan berat hati. Nanti waktu Zedd punya adik, (amin) saya  akal follow lagi.

Sekarang masuk nursing room juga rada sedih gimanaaaaa gitu. Dulu masuk buat nyusuin dan ganti popok, sekarang cuma ganti popo doank. Apalagi tiap masuk, pasti liat orang nyusuin kan.

Nah, ke fisik ini lumayan banyak perubahan setelah berhenti nyusuin. Pertama masalah payudara saya. Dari jaman sekolah dulu, payudara saya ini selalu sakit. Seperti kalau mau menstruasi. Tapi saya ngerasain ini sepanjang waktu. Cuma kalau mau mens, bisa lebih sakit lagi.

Karena Mbah Putri saya meninggal karena kanker payudara, dari SMA saya udah rutin ngecek ke beberapa tempat dan enggak pernah dapat jawaban, kenapa PD saya ini sakit/kenceng/ngilu terus.

Lha sejak hamil, lairan, nyusuin, PD saya ini enggak sakit lagi. Ya nyusuin emang sakit, tapi sakit luarnya. Beda kan ya sama PD sakit pas mau mens.

Ternyata rasa sakit ini balik lagi setelah saya berhenti nyusuin. Walah-walah...

Perubahan fisik kedua, apalagi kalau bukan... BERAT BADAN!!! Dari dulu saya tipe yang males olahraga tapi lumayan menjaga porsi makan.

Semenjak hamil di tahun 2014, praktis saya enggak jaga makan dong. Apalagi waktu itu dokter bilang berat badan bayi kurang, saya jadi makin semangat makan.

Sekarang 2017, jadi udah 3 tahun saya blas enggak jaga makan. Setelah stop menyusui sama sekali, keliatan banget berat badan saya nambah. Walaupun enggak ada timbangan, jeans dan baju enggak mungkin bohong kan? Sekarang saya mulai ngurangin makan dan itu susaaaaah banget. Lha gimana, 3 tahun lho bebas makan.

Sejak bebas nyusuin, saya pun bebas eksim. Entah kenapa, sejak lahiran dan lancar nyusuin, saya kena eksim. Lumayan parah dan menguras tenaga+dompet. Tapi alhamdulilah, semakin Zedd ngurangin nyusunya, eksim saya perlahan hilang.

Tangan kayak melepuh. Kena apapun sakit, air, telon, sabun, tisu basah. 


Yah, mau eksim separah apapun, emang enggak akan ngalahin nikmatnya menyusui sih. Lucu ya? Saya dulu benci banget nyusui, karena sakit yang luar biasa. Tapi sekalinya bisa, malah susah buat move on.

That's a wrap. Kalau diinget lagi, awal-awal menyusui itu rookie banget dan endingnya menyenangkan banget. Moga-moga waktu adeknya Zedd akan lebih lancar. Jadi dari awal udah happy. Amin.

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...