Tuesday, July 5, 2016

Back to work, pikirin dulu 1000x


So I'm now a working mom. Sebenarnya dari awal saya enggak pernah mikir buat berhenti kerja. 

Call it kaum urban, cewek feminis, beban anak pertama, dll. Pokoknya enggak pernah mikir buat jadi ibu rumah tangga.

Tapi Allah punya jalan lain. Long story short saya vakum 1 tahun lebih. Selama itu benar-benar menikmati hamil dan ngurusin anak.

Sampai usia Zedd 9 bulan. Saya mulai ngerasa stress, sedih, useless. I love being with my baby boy. Tapi tetap ada rasa pengen balik kerja. Stres disinipun ya stres ngurusin anak. 

Tapi rasa kurang bersyukur yang besar bikin saya fokus ke hal yang saya enggak punya. 

Contoh paling gampang deh. Waktu Sipa cerita soal ribetnya dia meeting dan saya pakai daster bau susu. Then I felt like, I wanted what she had, a career.

(Disclaimer: saya enggak pro stay at home mom atau working mom. Saya (SAHM) dan Sipa (WM). Saya udah liat gimana efeknya ke anak-anak kami dan for me personally, semua pilihan pasti ada plus minusnya.)

Akhirnya dengan seizin Daddy, saya nyari kerja dan dapat. 

Beberapa hari kerja, bukannya seneng. Saya malah nyesellll banget. Kalo kata Daddy sih, ini jet lag aja. Karena udah lama (9 bulan hamil + 9 bulan urus anak) enggak kerja. 

Dan kantor saya enak loh! Emang sih baru sebulanan. Tapi lingkungannya enak, bisa pumping kapan aja, bisa pulang teng-go, orang-orangnya welcome.

Yang bikin nyesel itu, saya enggak tahu kalau ninggalin anak, apalagi yang nempel banget sama saya, itu bakal susah banget. 

Selain itu, hidup juga jadi lebih ribet. Misalnya:
- Pernah di satu Sabtu, saya harus kerja, Daddy harus kerja. Akhirnya pusing siapa yang jagain Pipi Bapao.
- Ribet kalau mau mudik. Dulu mudik itu gampang. Saya tinggal cari weekday trus berangkat duluan biar ada tiket murah. Sekarang harus mikirin jatah cuti bersama.
- Bingung gimana kalau anak sakit. Enggak ada yang jagain.
- Heboh kalau pulang karena enggak mau kena overtime daycare.
- Pengeluaran tambah besar karena daycare/nanny.
- Ini belum ribetnya juggling between housework and pumping and breastfeeding. 

Foto juragan yang diambil ustadzah di daycare. Di foto ini dia demam di hari kedua saya kerja. Dokter bilang, bisa aja karena ada yang sakit di daycare atau karena shock ditinggal kerja+dikasi botol(biasa minum ASI langsung dari sumbernya).

Pokoknya hidup jauh lebih simple pas yang kerja cuma Daddy.

Sepengetahuan saya, ada 2 jenis cewek yang berkaitan sama hal ini.
1. Cewek yang enggak kerja dari awal nikah. Ada temen saya yang masuk tipe ini. Waktu saya curhat, saya kangen kerja, sibuknya, suasananya, masalah-masalahnya. Dia jawab: "Soalnya kamu pernah kerja. Aku abis lulus kan nikah. Buatku hari-hari sama anak-anak itu normal."
2. Cewek yang dari awal udah kerja kayak Sipa. Ibarat kata, enggak ada lah itu "resign" di kamusnya Sipa. Dia belum pernah ngerasain jadi ibu rumah tangga yang enggak kerja. Dia nya sih pengen, tapi kebentrok beragam hal kayak kebutuhan, dll... Kadang saya bilangin, nanti bosen loh. Wong saya ngerasain kok. Tapi mungkin karena belum ngerasain, dia bilang justru dia mending bosen daripada stres closing. Halah...

Saya bukan dari 2 tipe itu. Saya ada diantaranya. Saya pernah kerja dan pernah ngurus rumah. So I knew both world. Dan belum nemu temen yang kayak saya sih. You know, a woman who was once a stay at home mom, then turn into working mother.

To be honest I'm still confused. Kebetulan saya masih kontrak, jadi my wise husband suggest that I think it through during this contract.

Through my experience, harusnya saya mikir matang-matang sebelum balik kerja lagi. Memang income lebih banyak. But life does get more complicated. 

Dulu sih ruwet enggak masalah. Karena saya dan Daddy yang ngerasain. Now, there's an innocent little baby that got dragged on every complexity of our life.

Dan.. Yaaaaa... Harusnya saya lebih bersyukur waktu jadi stay at home mom. 

Heboh di meja kerja. Isinya bukan kertas, tapi pompa dan printilannya. 


No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...