Thursday, June 30, 2016

Puasa waktu menyusui



So tahun lalu saya cuma puasa kayak 3-4 hari dan enggak kuat karena hamil 8 bulan. 

Tahun ini, saya bertekad puasa. Zedd udah 9 bulan dan waktu saya tanya dokter spesialis anak (dsa), si dokter bilang kalau bisa aja puasa tapi Zedd harus makan yang bener dan ditambal susu formula kalau perlu.



Fyi, dokter ini pro asi, jadi kalau bayi masih di bawah 6 bulan, dia enggak rekomen puasa buat si ibu.

Saya nangkep sih maksud si dokter. Walaupun ada artikel-artikel yang bilang gpp untuk wanita menyusui tetap puasa, omongan si dokter make sense juga. 

In my opinion, misal asi saya jadi sedikit pas puasa, jadi nutrisi Juragan dipenuhi dari makanan+sufor, jadi sufornya masuk kategori makanan, hehehe... Agak maksa emang. 

Setelah beberapa hari puasa, akhirnya asi saya drop. Emang dari awal enggak pernah banjir juga sih. Tambah lagi puasa. 

Akhirnya dengan berat hati, Zedd mimik sufor. :( 

At one point saya jadi ngerasa suruh milih: asi tapi enggak puasa atau tetep puasa tapi pakai sufor.

Saya pilih tetap puasa, walaupun ngerasa rada gimanaaaa gitu... Kayak bertanya-tanya, did I make the right choice?

Enggak lama kemudian, saya demam. Kayaknya perpaduan antara capek, cuaca, kerja, nyusuin (pas malam dan saur, saya tetap nyusuin), dan kurang minum air putih, jadi ambruk deh.

Kerjaan di kantor juga jadi banyak salahnya. Saya lemes terus pas di rumah. I simply couldn't function.

Diskusi sama Uti and Daddy, saya ngerasa emang mungkin badan saya yang sekarang belum kuat buat puasa. 

Bukannya mau nyalahin menyusui sih. Tapi stamina emang beda. 

Kerjaan saya sebelumnya lebih berat. Pas puasa kadang saya naek turun busway siang bolong. Bus nya sih AC, tapi naek Transjakarta kan tetep banyak jalan. Tapi saya bisa tetep puasa kok. 

Jadi harusnya sekarang bisa. Wong saya banyak di ruangan ac. Tapi enggak tahu kenapa, emang enggak kuat.

Akhirnya saya memutuskan tahun ini enggak puasa lagi :(

Ini hasil mompa di kantor, pas enggak puasa. Dapat 1 botol. Enggak banyak sih, tapi bersyukur masih bisa ngasi ASI. Pas puasa, bisa cuma ngebasahin pantat botol doank.

Tahun lalu juga saya nyoba puasa pas hamil trimester 3, dan gagal juga. 

Semoga saya diberi kesempatan ketemu ramadhan tahun depan supaya bisa puasa lagi. Aminnn...

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...