Wednesday, December 2, 2015

Breastfeeding journey 2: No botol dot mommy!!

Masalah menyusui ini kayak jerawat pas lagi mau M. Ilang satu, muncul lagi di tempat lain.

Setelah masalah bingung puting, latch on, dan supply yang menurun, baby Zedd dan saya berhadapan dengan masalah baru.

Yep, he refuses to drink my breastmilk from bottle. Halah halah, udah heboh konsumsi booster asi sampe 3-5 macem per hari. Pumping juga bisa tiap 2-3 jam. Stok asip alhamdulilah banget udah mayan.

Eh juragan Zedd ini enggak mau minum dong.

I'm actually a full time mom, so I don't REALLY need to stock my milk. Asi perah yang saya pompa dengan penuh perjuangan itu, sebenarnya buat jaga-jaga plus to keep my supply aja.

Jaga-jaga nya itu siapa tau produksi saya menurun karena satu dan lain hal. Baca beberapa blog and forum, ada mommies yang supply asi nya menurun. So better safe than sorry.

Bonusnya, Zedd bisa ditinggal di eyangnya buat date night sama Popo. Hehehe. Fyi, I do believe that hubby and I still need to get 'our time.'

Back to si pipi bakpao, saya sama eyang dan mbah plus daddy nya, masih usaha supaya dia mau botol.

Mulai dari nyoba botol lain (selama ini Zedd pake pigeon). Nyobain tommee tippee, enggak mau. Padahal bentuknya udah persis sama bentuk payudara. Just last weekend daddy nya beliin botol avent, tetep ngamuk-ngamuk. 

Pernah nyoba cup feeder, malah asipnya mlbeber mbleber. Sedih... 😭😭😭 

Yang belum dicoba itu botol mimijumi yang harganya 300ribuan. Sama medela soft cup yang lebih mahal lagi. 

Kalau mau dipaksain sih, bisa aja beli. Tapi kalau enggak kepake, kan sayang.

Dari dua minggu Zedd mogok botol, sempet mau ngenyot 2 kali. 

- waktu itu dia udah mulai ngamuk, terus diajak ngobrol (bahasa jawanya dililing/dikudang), eh lama-lama mau. Sayang waktu itu botolnya cuma keisi 20 ml karena saya kapok ngangetin banyak tapi akirnya dibuang. Begitu saya ngangetin asip lagi, momennya lewat. Dia pun ngamuk lagi. 

- sehari setelah itu, nyoba lagi dikudang, eh enggak bisa. 😔😔😔 yaudah baliklah dia nenen langsung. Tapi disela-sela dia ngantuk, saya ganti botol, Zedd mau. Tapi ya karena asip nya dikit, kehilangan momen lagi. 

But still, kalau ada yang saya pelajari dari menyusui, itu bersyukur.

Dipompa dapet sedikit. bersyukur masih bisa keluar ASI nya walaupun 10-20 ml.

Menyusui sakit sampai lecet, kadang malah berdarah. Bersyukur baby Zedd masih bisa latch on. 

Sekarang pun, saya sangat bersyukur karena Zedd masih bisa menyusu langsung. Apalagi kalau inget jaman Zedd baru lahir dan dia bingung puting.

Cuma saya kadang miris aja kalau lihat Zedd rewel karena dari sore-malam, PD saya kempes. 

Mentok-mentok ya asip nya di sendokin. Sambil pelan-pelan belajar minum dari cup feeder. 

Target tetep asix (asi eksklusif) 6 bulan. Ini udah separo jalan. Syukur-syukur bisa sampai 2 tahun. 

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...