Tuesday, July 24, 2018

Beda Hamil Pertama dan Kedua


Alhamdulilah Popo and I are expecting our second child! So in this post, saya mau ngomongin apa aja bedanya hamil pertama and kedua, at least in my experience.

Lebih Siap?
Keputusan hamil kali ini udah dipikirin agak lama. Saya udah mendekati kepala 3 dan kayaknya mulai ngalami sedikit midlife crisis gitu. Itu lho, yang tiba-tiba muncul pertanyaan “saya hidup ini buat apa, sih?” Kemakan ruitinitas juga kali, ya?

Saya enggak tahu gimana cewek-cewek lainnya, tapi jawaban dari midlife crisis saya adalah, I want to devote more of my time for my family. Tiba-tiba karir dan cita-cita saya buat kuliah s2 keluar negeri jadi terkikis. Mungkin midlife crisis saya ini juga bikin saya lebih menerima diri apa adanya dan lebih bersyukur sama apa yang ada di hadapan saya: my small and happy family.

So why chase all of the uncertainty goal when I can focus on my source of happiness: Popo and Zedd?

Even so, tetep butuh sekitar 6 bulanan buat ngeyakinin bahwa saya emang beneran siap hamil lagi. Bukan karena lihat banyak temen udah brojol 2x. How do I know?

Kalo pengen hamil karena kebawa temen-temen, keinginan itu bakal ilang seiring berjalannya waktu. Tapi di kasus saya, it’s just getting bigger and bigger.

Popo, as always, gave me the space and support that I need along the way. Waktu lagi manteb, waktu lagi galau. Saya emang tipe yang perlu dikasi ruang buat mikir, maklum, gampang kemakan sales. Bahaya malahan kalo Popo manfaatin kesempatan itu buat doktrin saya.

So, setelah manteb mau program, saya ajuin resign. Lha, ngapain saya kerja pas hamil, kalau toh abis itu mau focus ke keluarga? Malah enggak bisa menikmati masa hamil. Although banyak yang tetep kerja buat manfaatin asuransi kantor, saya enggak. Bukannya sombong, tapi karena kantor saya enggak cover persalinan. Hwahahahahaha…

Mbak Bos saya waktu itu, ibu 1 anak, ngedukung saya resign sambil ngomong:
“Jangan sampe kayak gw, deh. Keasyikan kerja, sekarang udah telat buat hamil lagi.” Which just made me even more happy with my decision.

Alhamdulilah 2 bulan setelah start program, saya dapet 2 garis merah. Popo? Agak kaget karena secepet ini jadinya. Makin yakin kalau Allah SWT merestui jalan yang saya ambil.
So, yes. I am way way more prepared with this pregnancy. I’m happier. Enggak ribet mikirin kerja gimana, cuti gimana, karir gimana. Just enjoying my life right now.

Lebih Sehat?
Lebih siap sih iya, tapi masalah lebih sehat itu lain lagi. Jujur aja, sejak memantabkan diri buat hamil, saya udah enggak sabar akan kebebasan makan saat hamil. Enggak sabar makan Bebek Kaleyo, Martabak Manis Orins, sate kulit di Gudeg Mercon, dst.

Sungguh saya udah pede banget, karena pas hamil Zedd, saya tipe yang enggak rese. Morning sickness jarang, nafsu makan banyak, kaki enggak bengkak, badan enggak pegel (cuma pas trimester 3). Saya enggak ngidam, enggak jadi ngalamin pregnancy brain. Aman sehat Sentosa. Cuma emosian aja. Hehehe…

Jadi saya enggak ngalamin tuh, bangunin suami malem-malem, minta makanan aneh, trus pas dateng makanannya, jadi enggak selera makan.

So, come on baby number 2. Let’s embrace this whole pregnancy journey together with all the fat and grease!

Saya salah… ternyata hamil itu bukan tiap orang beda, TAPI TIAP ANAK BEDA.

Hamil kedua ini jadi hamil cliché. Saya ngidam aneh-aneh. Pernah minta bakso atau sate gitu, dibeliin sama Popo. Pas datang makanannya, saya cuma makan 2 suap, trus enggak pengen lagi. Popo cuma bisa menghela nafas panjang.

Saya morning sickness mayan parah sampe sekarang udah 17 minggu. Pas hamil ini Popo jadi banyak izin kerja karena khawatir sama saya. Soal bebek kaleyo dan teman-temannya, saya malah eneg cenderung mual liat yang lemak-lemak gitu. Hehehehe… gimana dong?

Lebih Mesra?
Ini sejujurnya terlalu indah, ya. Saya banyak denger/baca/nonton kalau suami jadi baik banget pas istri hamil. Enggak juga, lho. Justru pas hamil itu banyak ujian-ujiannya. Lihat aja beberapa artis justru cerai enggak lama setelah lahiran.

Pengalaman saya waktu hamil Zedd dulu, berantem sama Popo itu sering banget, dan temen-temen saya yang hamil juga banyak yang berantem sama suaminya. Alesannya apa, saya enggak tahu soal pasangan lain, tapi buat saya Pribadi kayaknya campuran over ekspektasi dan rasa enggak adil/enggak terima.

Over ekspetasi karena saya kira Popo harusnya jauh-jauh-jauh lebih perhatian. Saya lupa kalo saya nikah sama cowok paling enggak romantis se-Jogja. Tipe cowok yang kalo jalan di jalan raya, dia yang sebelah kiri, saya yang kanan dan keserempet motor/mobil. And me being pregnant, unfortunately, did not change that.

Dicampur sama rasa enggak terima, karena saya yang bakal lebih menderita. Saya yang bawa anak 
kami 9 bulan, saya yang susah tidur, saya yang jadi beser, saya yang muntah-muntah, dia ngapain? Masak diomel-omelin aja udah enggak tahan? Lha apa kabar saya yang meregang nyawa demi anak KAMI?

Itu dulu, ya. Waktu hamil Zedd. It was rough, but we both learned a lot, and until now, still happily married. Buat yang kedua ini, saya enggak lagi over ekspektasi, di sisi saya sih, saya lebih nrimo kalo Popo emang cuek and workaholic, not a good combination for suami siaga sih.

Ternyata saya salah lagi, karena dia lihat sendiri gimana parahnya morning sickness saya, berat badan turun, lemes, dll, jadinya malah dia lebih perhatian. Dia juga lebih in-charge ngurusin Zedd dan lebih sering izin walopun saya enggak minta. FYI izin/cuti itu haram hukumnya buat orang workaholic kayak dia.

Agak ironis emang, jadi dulu kami malah bisa ‘leluasa’ berantem karena hamil saya yang terlalu gampang. Sekarang, hamil kedua ini pengen mesra, babymoon, tetep enggak bisa juga, karena saya mual-mual terus. Gimana mau jalan-jalan? Hahaha…

Lebih Santai?
Daripada Santai, lebih ke enggak sempat. Diantara morning sickness yang mayan nguras tenaga, ngurusin Zedd, LDR Jogja-Jakarta sama Popo, mikirin biaya sekolah Zedd, biaya nyiapin kamar anak  uat Zedd and adeknya. There are so many adult problems we have to deal with, that this pregnancy just went by.

Tahu-tahu udah 4 bulan dan enggak sempat pengajian kayak dulu. Popo juga super duper sibuk sama kerjaan dan hussle-hussle lainnya, dan yaaaahhh…. Bisa dibilang agak sedikit lebih cuek sama hamil yang ini. Hal-hal kecil kayak ngelus perut udah enggak sempat, karena pas pulang kantor dia langsung bantu nyiapin dinner dan main sama Zedd.

Kami bahkan belum nemu panggilan buat bayi yang ini. You know, like little munchkin, lil one, baby no. 2. Kami juga belum nemu dokter kandungan di Jakarta. Terakhir kontrol di Hermina Bogor, waktu lagi di rumah Sipa. Buku kontrol ketinggalan di Jogja. Tanpa buku kontrol, tanpa suami (Popo kerja di Jakarta), suster di Hermina sempet ngeliat saya gimanaaaa gitu. Dikira hamil tanpa suami. Hwehehehehehe….

The good news is, kehamilan kedua sampai sekarang sehat. Walaupun dokter saya di Jogja dan masih belum ada dokter di sini. Moga-moga segera nemu dokter sebelum jadwal kontrol bulan ke-5 dan sehat terus sampe lahir, amiiinnn…

Kepepet Umur?
Alasan buat hamil lagi juga karena kepepet umur, as I said earlier, I am in my late 20s. Hamil itu lebih minim risiko di usia muda, di atas 35 tahun akan lebih berisiko. I know I sound very conservative right now, but that’s the fact.

Emang banyak yang hamil usia 30-40, bahkan 50 dan aman-aman aja. Sebaliknya, ada juga yang hamil usia 20an dan enggak aman. Yah, namanya juga risiko, bukan jaminan. Ibarat naik mobil pake seatbelt, buat mengurangi risiko kalo kecelakaan. Tetep enggak ada jaminan kalo pake seatbelt pasti Selamat dari kecelakaan, kan? Enggak pake seatbelt tapi Selamat sampai tujuan juga bisa.

That’s how I see it. Kalau ada kesempatan buat hamil sebelum 30 tahun, dan udah siap secara mental juga, why not?

--

Either way, saya tetep enjoy hamil kedua ini, dengan syarat saya di rumah trus deket sama kamar mandi, biar gampang kalo muntah. As for Zedd, berusaha dikasih tahu sebisanya bahwa dia mau punya adek, walaupun kayaknya belum ngerti.

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...