Thursday, January 5, 2017

Tips Jalan-Jalan Ke Ancol Bawa Bayi


Okeh, Zedd emang udah setahun, tapi tetap saya kategorikan bayi lah ya.

Jadi ini nyambung postingan yang Tamaysa Ke Ancol Bawa Bayi. Saya and Popo ngelakuin beberapa hal dodol yang sebenarnya bisa dihindari. Tapi karena saya cuma ke Ocean Dream dan Pantai Festival, tips-nya ya akan sekitar ituh, enggak akan ada tips soal Dufan atau Sea World.


So, here's my tips.
1. Cek Groupon
Saya dapat diskon 50 persen tiket masuk Ocean Dream Samudra lewat Groupon. Berangkatnya hari Minggu, saya beli Groupon nya hari Sabtu. Baca terms and conditions-nya yah. Kadang enggak berlaku pas libur tertentu.


2. Enggak Usah Antre Di Gerbang Depan
Waktu nyampe depan Ocean Dream, antrian tiket udah lumayan panjang. Dari situ nanti jalan lagi sampai ketemu gerbang tinggi tempat petugas ngecek tiket kita.

Nah, ternyata dekat gerbang tinggi itu, ada tempat beli tiket yang jauh lebih sepi. Jadi, pas udah sampe sana, langsung aja jalan ke gerbang masuk. 

Oke, ini emang bukan gerbang tiketnya. Tapi cari aja gerbang tiket yang deket gerbang di belakang itu yah.


3. Antri Tornado Of Fish Setengah Jam Sebelumnya
Sebenarnya Ocean Dream udah ngepasin jadwal-jadwal pertunjukan. Jadi habis nonton A, bisa langsung nonton B. Masalahnya, saya lihat beberapa show itu lebih membludak pengunjungnya.

Termasuk si putri duyung yang namanya Tornado Of Fish. Pertunjukan pertamanya itu jam 12.30. Tapi khusus yang ini, mending udah antri dari jam 12 atau malah sekalian aja ada di antrian belakang. Tapi ada kemungkinan penuh dan harus nunggu show selanjutnya.

Soalnya kasian bayi-nya kalau ada di tengah antrian yang sumpek.


4. Manfaatkan Ruang Ibu Anak
Seperti saya tulis di postingan sebelumnya. Walaupun minim fasilitas, ruang ibu anaknya adem. Jadi kalau mau istirahat dan pastinya sambil ganti popok yah, Zedd bisa muter-muter kayak setrikaan sambil ngisis. 


5. Untuk Yang Nginep, Tanyakan Tiket Masuk Ancol
Ternyata untuk tamu hotel Discovery, bebas masuk Ancol. Saya baru tahu pas baca pamflet hotel waktu check out. Yup, the receptionist didn't even have the courtesy to inform me about this.

Waktu saya tanyakan, ternyata saya bisa gratis masuk Ancol (tiket orang+mobil), kalau memperlihatkan bukti fisik bookingan hotel, alias di print. 

Yang bikin tambah bete, prosedur itu HARUS dilakukan sebelum masuk. Jadi kalau saya udah check in, apalagi udah check out, itu uang enggak bisa diminta lagi. Itu informasi dari resepsionis hotel yang saya dapat yah.

Di Ancol ada beberapa hotel lain. Mendingan telpon in advance, terus tanya soal kemungkinan gratis masuk komplek Ancol. Biar enggak kayak saya.


6. Nginep
Kalau memungkinkan, lebih enak nginep di hotel-hotel dalam komplek Taman Impan Jaya Ancol. Soalnya banyak yang bisa dikunjungi dan waktunya enggak cukup seharian. Kalaupun dipaksain supaya cukup, kasian baby/balita nya, takut kecapekan.

Buat dapat harga lebih murah, selalu cari promo. Aplikasi seperti Traveloka, Pegipegi, dkk, selalu ada pilihan promo. Tinggal masukin kode, dapat deh potongan harga.


7. Datang Pagi
Emang sih, hari libur itu enggak enak kalau bangun pagi. Tapi kalau enggak, antrian bakal panjang. Keep in mind kalau bayi enggak akan nyaman antre desek-desekan.

--
Kayaknya itu aja tips dari saya. In the end, menurut saya Taman Impian Jaya Ancol ini cocok buat staycation warga Jakarta. Walaupun ya pasti ada kurangnya, but we had so much fun there.

Santai kayak di pantai...


Next pengen ke sana lagi buat explore sea world.

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...