Saturday, October 1, 2016

Ninggal Anak di Daycare Pertama Kali



Enggak kerasa udah 4 bulan saya kerja. Udah 4 bulan juga Zedd di daycare on daily basis

Saya mau share pengalaman saya soal nitipin anak di penitipan selama 4 bulan ini. 

Awalnya bener-bener blank soal titip menitip ini. Soalnya (ngelesnya) proses saya dapet kerja ini mayan cepet. Jadi waktu preparation buat Zedd di daycare sama sekali enggak ada.

Saya punya waktu 2 hari sebelum kerja, dan dengan begonya, 2 hari itu saya pakai buat trial di 2 daycare buat memutuskan pakai yang mana.

SUPER STUPID DECISIONS!!! Beneran saya dodol banget nget nget...

Kenapa? Karena Zedd enggak tahu apa-apa. Saya aja hari pertama kerja atau hari pertama kuliah atau hari pertama di tempat baru, selalu ngerasa enggak nyaman, APALAGI BAYI!!

Selama 2 hari itu ya dia nangis kejer seharian.

Akirnya saya kerja, dan dia di daycare yang udah saya seleksi. Nangis juga. Apalagi dia enggak bisa ngedot. Jadi seharian dia cuma disendokin dikit-dikit sama ibu asuhnya.

Abis itu, saya brainstorming sama Yang Uti and Popo. Trus dicoba sistem yang lebih manusiawi, which was step by step. 

Jadi sejak itu, Zedd dititipin di daycare cuma 2-3 jam. Jam 10-11 dia dijemput Eyang. Makin lama, jam di jemputnya makin sore, sampe akirnya dia terbiasa dijemput jam 5.

Kebetulan, Eyang waktu itu masih di Jakarta dan rencana boyongan ke jogja sekitar 2 bulan lagi.

Alhamdulilah prosesnya memakan waktu sekitar 2-3 minggu. Jadi pas Eyang balik Jogja, Zedd udah biasa di sana. Itupun dia tetep nangis kalau ditinggal di daycare. Sampe sekarang pun gitu. 

Kapan tahu kalau dia terbiasa? Diintip. Sebelum dijemput, Eyang dan saya kadang ngintip di pintu dan Zedd mulai main. Awalnya dia selalu digendong karena nangis. 



Dari sini saya belajar kalau jangan diambil literal kalimat "wajar kalau bayi nangis pas pertama kali dititipin."

Iya wajar mereka nangis, tapi ya jangan dibikin nangis seharian juga. Analoginya ya itu tadi, kalau saya yang orang dewasa aja grogi, sedikit takut, cemas pas ada di suasana/tempat baru, apalagi bayi yang belum ngerti apa-apa.



Sekarang Zedd udah 4 bulan di daycare. Pas saya tinggal, dia tetep nangis. Tapi dari pantauan via wasapan sama ustadzah, susu, kenaikan berat badan, dan mood nya, saya tahu that he's doing fine there. 

In conclusion, my personal tips based from my experience are,
- Pelan-pelan. Jangan ujug-ujug ditinggal seharian.
- Ajarin botol dot. Usahain sebelum di daycare, anak udah separo bisa. Jangan kayak Zedd yang sama sekali enggak bisa.
- Just cry. Masa-masa ini bikin saya mikir apa saya salah buat kerja lagi. Sekarang saya sadar ini proses yang harus dijalani. Rasa pengen kerja-rasa bersalah ninggal anak-rasa lega anak mulai happy di daycare-rasa bangga karena anak mulai bersosialisasi sama bayi, ibu asuh, ustadzah di daycare. And cry did help a little. Just believe that sun always comes up after a storm. (Apa seehhh)

Sekarang saya malah ragu mau berhenti kerja karena takut ngambil waktu main Zedd. Apalagi di daycare banyak mainan dan tempt mainnya luas. Enggak kayak di unit. 


Sumber semua foto: Dok. Pribadi



9 comments:

  1. Huaaa pas galau karena lagi trial daycare nemu tulisannya bunda...hiks...iyaa rasanya pengen brenti kerja..merasa bersalah. Mana si kecil masih 2.5 bulaan. Berartu dipantau aja nanti pas imunisasi ya..berat badannya naik apa enggak untuk evaluasi mimik susunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mbak. Iya dipantau pake berat badan aja. Trus diliat gimana baby pas malam hari. Kalo Zedd, kadang saya tekan-tekan perutnya pas udah di rumah, trus kenceng gitu. Artinya dia abis makan sore. Kadang kosong, dan itu Saya tanyain, “kok tumben nih kosong perutnya?” Trus ibu asuh jelasin kalo Zedd abis pupup atau alesan lain kayak ga mau makan.

      Be strong ya!

      Delete
  2. Sedang nyari referensi pengalaman nitipin anak di daycare dan nemu lah blog ini..

    Saya sedang memutuskan untuk kembali bekerja setelah mengasuh anak pertama saya (za usia 16bulan) selama 1th lebih mengasuhnya .. Dan rencana saat za lulus ASI saya akan menitipkannya di daycare sementara saya kembali bekerja.

    Perasaannya sungguh teramat amat galau 😅 (bahasanya) .. Karena ini adalah pengalaman pertama dan belum pernah juga nitipin anak ke siapa siapa bahkan ke orang tua yang nun jauh dimato atau pun keluarga dekat lainnya walau berada di jakarta.

    Tips nya dong bun, bagaimana cara memilih daycare yang bagus untuk anak?
    Untuk urusan cebok saja, saya mikirin banget bagaimana anak saya nanti kalau pup 😂 ..

    Maaf kalau kepanjangan .. Malah curhat sayah hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Dewi,

      Yang kuat ya! Awal-awal ninggalin anak pasti susah, baik buat anaknya atau ibunya (berdasarkan pengalaman saya, sih).

      Kalau kayak kasus saya, seperti yang udah saya tulis, mending dibiasain di daycare sejak sebelum Dewi mulai kerja.

      Saya juga minta eyang Zedd datang ke Jakarta selama beberapa minggu waktu masa transisi ini.

      Good luck ya. :)

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. lagi galau juga nih bun, mau berhenti kerja, tapi baru dipercayakan sama atasan buat pegang projek.. sedangkan anak masih 2,5 bulan. Tadi pagi baru aja liat calon daycarenya,, ada 23 anak disana, bayinya ada 5, sisanya udah diatas 1 tahun semua. Kalau diliat lg, pengasuhnya cuma 5. Jadi galau daycarenya tepat apa enggak buat si baby..

    ditambah lagi si baby masih suka ga nerima pakai botol minum ASI nya. huhu galau banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Eka,
      kalau saran saya, mending cari daycare lain dengan pengasuh yang lebih banyak.

      Menurut saya idealnya 1 pengasuh pegang 2 anak, maksimal 3. Dari ceritamu, itu 1 pengasuh pegang 4-5 anak. Way too many.

      Mau share sedikit soal daycare Zedd yang baru. Di sini anak-anak dibagi per usia, Zedd masuk kelas 1-3 tahun. Dulu ada 6 anak, dan 3 pengasuh. Sekarang ada 8-9 anak dan pengasuhnya tetep 3. Kami, para ibu udah pada protes sama pengelola supaya tambah pengasuh lagi. Karena kami liat pas antar-jemput anak, betapa kewalahannya 3 pengasuh ngurus 9 anak usia toddler.

      Mungkin sebaiknya cari daycare lain Eka. Maaf ya kalau pendapatku bikin tambah galau.

      Saya juga pernah di posisi Eka soalnya. Kurang pengasuh, trus liat Zedd pas dijemput kok kayak ga kenyang. Makin galau dan kepikiran pas kerja. akirnya cari daycare lain (daycare yang sekarang) yang rasio pengasuhnya 1:2 atau 1:3.

      Good luck. :)

      Delete
  5. hallo mom, klo boleh tau, zedd dititipkan di daycare pas usia berapa bulan yaa? saya baru pgn menitipkan anak beberapa hari lagi pas usia 11 bulan, tapi takut anak saya nangis trus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai,

      mirip kok mbak. Zedd dititipin di usia 10 bulan. Anaknya pasti nangis sih. Buat Zedd sendiri nangisnya mayan lama, sekitar 2 bulanan...

      Padahal temen-temennya cuma beberapa minggu udah adaptasi.

      Yang bikin saya mulai lega itu pas liat gimana dia main sama temen-temennya waktu saya jemput. Trus di akhir masa daycare (karena saya resign) Zedd malah enggak mau pulang.

      Alhamdulilah, daycare pilihan saya tepat.

      Delete

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...