Sunday, September 4, 2016

Cerita Baby Led Weaning Part 2: Maju mundur maju mundur...



Zedd udah 12 bulan. Udah 6 bulan-an lah dia pakai metode blw alias baby led weaning.

Progressnya lumayan. Di usia 8 bulan, Juragan udah makan nasi. Usia 8-9 bulan juga dia udah bisa minum pake sedotan. Eh, enggak tahu deh ada hubungannya apa enggak sama blw?

Tapi di usia 9-10 bulan, Zedd mulai suka ngelempar barang, including his food. Jadi malah kebalik. Kalau baca-baca, banyak bayi yang lebih suka buang makanan di awal blw. 

Blw-an di hanamasa. Sumber: dok. Pribadi.

Pas fase buang-buang makanan ini, saya mulai mix sama spoon feeding. Alasan lain karena berat badannya ternyata kurang. Well, naek sih, tapi grafik KMS (Kartu Menuju Sehat) udah masuk warna ijo muda. Sebelumnya ijo tua. 

Rasanya sedihhhh... Soalnya saya udah seneng dia bisa blw. I don't know, it just felt so good to see him eat on his own. 

Moreover, emang beneran praktis. Masaknya praktis. Trus saya bisa makan bareng sama Zedd. 

Enggak tahu ini cuma saya atau gimana. Tapi susah banget buat nyari waktu makan kalau anak udah mulai ngerangkak. Saya cuma punya waktu kosong pas dia makan atau tidur yang cuma 30 menit-1 jam. 

So blw kinda spare me. Pas dia makan di booster seat-nya, saya bisa makan di sebelahnya atau bisa saya tinggal cuci piring.

Drama waktu saya paksa blw roti tawar. (Sumber: dok. Pribadi)


Tapi semakin saya paksa supaya dia mau blw, dia malah makin ngamuk. 

At one point I had to admit that it was purely my ego rather than for Zedd's benefit. 

Saya enggak terima Zedd mengalami kemunduran. Dari yang bisa blw ke enggak bisa. 

Tapi saya liat positifnya. Karena Zedd gampang banget makan. Alhamdulilah... 

Akhirnya saya pake metode spoonfeeding. Battle yang tadinya pas blw bikin senewen, jadi enggak senewen lagi karena dia mulutnya mangap terus.

Apa terus saya nyerah blw? Enggak juga. Kadang saya coba blw, gagal terus. Yang tadinya roti tawar abis 2 potong dalam sekali makan, jadi cuma setengah potong. 

Sampai saya nonton video nya Katie On The Flip Side soal blw. Katie juga blw ke anaknya. Di update soal blw, dia cerita kalau anaknya tiba-tiba suka potongan kecil. Pas saya coba...BERHASIL!!!

Ternyata sejak bisa jimpit, Juragan lebih prefer jimpit daripada megang makanan yang gede.

Tapi masih enggak bisa full blw dengan lancar. Masih harus pake trik. Misalnya:

- kadang Zedd prefer pake garpu
- Cuma boleh ada 1-3 potong makanan di atas tray nya. Kalau kebih dari itu, dia justru semangat bersihin tray dari makanan-makanan itu. Ini kebalikan dari awal blw, in which he loved to see different colors of food on his tray.

Terakhir, soal picky. Banyak referensi bilang kalau metode blw bikin anak lebih adventurous soal makanan, meaning the child won't be a picky eater.

Ternyata buat Juragan, itu enggak berlaku. Pernah saya bikin sop. Trus Zedd buang buncis tapi makan wortel. Buang sweet potato tapi makan dori (dalam 1 waktu makan). 

But I learned my lesson. Zedd itu a human being. Bukan karakter game yang naik level terus-terusan. Kadang dia mau blw, kadang minta disuapin, kadang juga GTM (gerakan tutup mulut). Saya sekarang lebih enjoy soal mau blw atau spoonfeeding.

Tapi tetep enggak bisa bohong sih kalau kadang panik pas Juragan bad mood gitu. Misalnya dulu semangat makan nasi+lauk tanpa diblender. Sekarang malah enggak mau makan kalau enggak diblender.

My chanting for this: it's just a phase, it's just a phase, it's just a phase.

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...