Tuesday, October 30, 2018

Pre School Drama Part 1: 4 Kesalahan Kami waktu Pilih Pre-School

Another parenting fail for us, kami sempet salah pilih pre-school buat Zedd.

Ngelesnya saya nih, kan kami first time parents and Zedd didn’t come into this world with a manual. So, unfortunately, raising him (or any other babies for that matter) has always been about research, speculation, trial, and error. 

Moga-moga post saya kali ini bisa ngebantu mak-mak galau di luar sana dengan problem serupa. Walopun, saya sendiri belum nemu yang ekstrim kayak saya sih, 2 minggu sekolah terus keluar. Hahahahaha...

So let’s begin.

Waktu Zedd masuk usia 3 tahun, saya ngerasa perlu nyekolahin dia. Entah karena hormon hamil atau kebawa arus sosmed aja, dimana banyak temen sejawat yang mulai nyekolahin anaknya. 

Alhamdulilah ada beberapa pre-school yang jaraknya deket sama apartemen kami, jadi saya tinggal pilih sekolah-sekolah itu. Buat berangkatnya, tinggal jalan kaki deh. Udah dikasih gampang, tetep aja yak salah. Ini kesalahan-kesalahan saya. 

1st Mistake
Saya enggak teliti. Saya tahu ada beberapa sekolah yang saya LIHAT. Ternyata ada yang ngumpet. Weleh... 

Ironisnya, sekolah ngumpet inilah yang sekarang jadi sekolah Zedd. We’ll get into that later.

What I’ve learned:
Liat sekolah secara fisik penting, tapi harus browsing internet juga. Jangan lupa search hestek di IG plus brosur di tempat umum sekitar rumah.

Sekolah Zedd yang baru secara fisik bangunan ngumpet, tapi ada brosur nya di mall bawah apartemen kami. Sama ada  IG nya juga.

Karena dulu kerjaan saya sedikit banyak berhubungan sama nulis and sosmed, saya bisa bilang sekolah ngumpet ini emang copy writingnya meleset sih. Saya sering lihat brosurnya, tapi enggak ngeh itu pre school. Lha cuma ditulis nama doank... Kirain tempat les kayak ABC Bimba atau sejenisnya gitu.


2nd Mistake
Saya and Popo berasumsi. Jadi dari beberapa sekolah yang kelihatan itu, saya cuma trial di 1 sekolah. Iyah, 1. Padahal ada 3-4 sekolah yang literally jejeran. 

Alasannya udah negative thinking lihat sekolah lain karena kelihatan lebih kecil tempatnya. Sementara sekolah pertama Zedd, sebut aja pre school A, lebih besar and lebih proper lah. 

Pre School A juga ‘lebih deket’ sama daycare Zedd. Biasanya, working moms kayak saya dulu, nitipin anaknya di Daycare A, lanjut sekolah di Pre School A, pulang sekolah, anak-anak balik lagi ke daycare sampai dijemput orang tuanya pas jam pulang kantor. Yang anter jemput ya para ibu asuh.

Karena udah familiar sama Pre School A, kami coba trial hanya di sekolah ini. Sekolah lain mah, boro-boro. 

Totally wrong decision.

What I’ve learned:
Jangan underestimate sekolah dari bangunannya. Walaupun sarana prasarana itu matters, ternyata ada yang jauh lebih penting. And I learned it the hard way. 

Terbukti di pre-school ngumpet ini, sebut Pre School B aja ya, Zedd betah. Padahal ruangannya sederhana, belajarnya enggak pakai meja kursi, mungkin karena ruangannya kecil. Tapi waktu trial, Zedd happy. Bahkan mau interaksi sama miss-miss yang baru dia temuin hari itu. 

Sampai sekarang, kadang saya jemput paling akhir (maklum ye, bumil ngantuk) dan saya lihat dia becanda sama miss-miss nya. Beda banget sama waktu saya jemput di Pre-School A, yang selalu nunjukkin muka kecewa waktu saya jemput.

Always always do trials first! Jangan berasumsi cuma dari liat bangunan dan brosur yang penuh teori itu! 


3rd Mistake 
Jangan underestimate trial! 

Ini mungkin saya doank ya? Jadi pas trial, saya enggak ekspektasi apa-apa, karena ngerasa trial enggak akan maksimal buat anak kayak Zedd. 

Maksud saya gini, Zedd itu kan tipe anak yang lama adaptasinya. Jadi saya pesimis dia bakal ikut kegiatan-kegiatan trial dengan semangat, mau sekolahnya di mana pun.

Kebukti pas trial di pre school A, dia nangis dan enggak mau ikut nyanyi dan nari, walopun saya tahu dia suka nyanyi + nari pas di rumah. 

What I’ve learned:
Ternyata trial di tempat yang tepat bisa bikin Zedd kooperatif lho. Pas di sekolah yang sekarang, Zedd ikut trial sebulan setelah tahun ajaran baru. Meaning, dia trial di dalam kelas yang udah berjalan. Bukan trial yang khusus disediakan waktunya gitu lho. 

Untungnya adalah saya jadi lihat gimana kelas normal berjalan. Sementara waktu trial di Pre School A, trial diadakan hari Sabtu dan emang khusus buat trial doank. Kalo telat ikut, anak enggak bisa ikut trial di kelas yang udah berjalan. Terkesan kayak udah diatur buat marketing. 


4th Mistake
(Lagi-lagi) Mengesampingkan Feeling.

Sebelum ini saya pernah post soal dilemma pindah daycare. Daycare Zedd waktu itu mulai bikin saya enggak nyaman, tapi saya ragu buat mindahin Zedd karena ya takut efeknya buat dia. Baru aja mulai betah di daycare, masa ngulang adaptasi lagi. 

Akhirnya Zedd pindah dan saya nyesel, kenapa enggak dari dulu saya pindahin... huhuhu... ternyata daycare keduanya lebih bagus dan Zedd lebih cepet adaptasi. 

Nah, yang preschool ini juga sama. Banyak hal-hal kecil yang bikin saya enggak nyaman. Call it mother’s intuition. Pokoknya saya ngerasa he’s not happy. Karena saya udah enggak kerja, saya sendiri yang anter jemput Zedd. And it was really really hard. Tiap pagi dia kayak mau dianter ke penjara dan pas dijemput mukanya kusut banget, kayak habis diapain. Ini datang dari anak yang udah 2 tahun di daycare dan deket sama ibu-ibu asuhnya,

Sedihnya saya mengesampingkan ini. Karena semua temen curhat bilang kalo saya ini lebay. Popo juga gitu, dia bilang saya hormonal karena lagi hamil. Padahal saya sendiri yang lihat keadaan dia di sekolah dan berantem sama Zedd tiap hari sebelum sekolah.

I wasn’t happy, tapi kalo semua bilang saya yang enggak masuk akal, ya saya jadi makin ragu dong buat mindahin Zedd.  Mungkin emang saya lebay and hormonal?

Puncaknya, saya jemput 15 menit lebih cepet dan lihat Zedd dibully satu anak habis-habisan. Para miss gagal misahin, trus Zedd nangis. Besoknya dia bener-bener nolak sekolah. My feeling said that's it! I'm not taking him to that school again. Bener aja, abis itu dia jauh-jauh lebih happy. 

Masalahnya, Popo kan teteo nganggap saya lebay. Kami akirnya galau (dan debat) sebulanan sama Popo, sampai kami bayar uang sekolah 1 bulan tapi Zedd sama sekali enggak berangkat. Finally, kami ambil keputusan buat pindah aja sekolahnya. 

What I’ve learned: 
And once again, we made the right decision one month too late. Ternyata sekolah Zedd sekarang lebih oke banget daripada yang sebelumnya. He’s happier. 

Baru masuk 2 minggu aja, dia udah banyak senyum, banyak nyanyi, banyak cerita. Trus pulang bawa banyak craft. Sampe si Popo komen, “sekolah lebih murah kok malah dapetnya lebih banyak ya?” Yup biaya sekolah itu jauh lebih murah daripada Pre-School A. ternyata harga enggak selamanya menjamin kualitas. 

Tuh kan? Kesel enggak sih? Popo tuh selalu resistent di awal sama pendapat saya, tapi di akhir dia yang over excited. Kayak waktu saya maksa dia buat nonton ASIAN Games.

So Moms, selalu ikutin feeling dan intuisi kalian. Seriously, they are never wrong. Emang cuma mak-mak yang paham perasaan anaknya. Walopun anaknya belum bisa ngomong jelas.

Anyway... that’s our mistakes part 1. Saya bakal jabarin lebih jelas soal hal-hal di preschool pertama yang bikin saya enggak nyaman. Takutnya kepanjangan kalo di sini...

No comments:

Post a Comment

Tentang Bawa Keluarga ke Belanda dengan beasiswa LPDP

  Udah hampir balik, malah baru update soal berangkat. Hehehehe…. Nasib mamak 2 anak tanpa ART ya gini deh, sok sibuk. But here I am, nulis ...